Menjadi Besar Sejak Kecil

actasurya.com –  Usianya yang masih sangat muda, tak pernah menyurutkan semangatnya untuk menjadikan dia seorang wirausahawan muda yang sukses.

Rakha Alvin Rahadianto adalah salah satu wirausahawan muda yang sukses. Terbukti dari masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) kelas I, dia sudah di undang untuk jadi motivator  di acara seminar  yang di selenggarakan oleh perguruan tinggi yang ada di Surabaya.

Usaha Rakha di mulai dari kelas 6 SD sudah berjualan pulsa, untuk modal pertamanya mengambil dai tabungannya sendiri. Sampai masuk ke sekolah menengah pertama (SMP) dia mulai bisnis hewan ternak.

“Dulu waktu pertama kali itu, saya berjualan pulsa waktu kelas 6 SD. Setelah masuk di SMP saya mencoba bisnis ternak unggas yaitu ayam petarung. Padahal di perumahan kan tidak boleh memelihara hewan ternak, tapi saya nekat saja,“ ujar laki-laki kelahiran 9 Juni 1997 sambil tersenyum

Di usianya yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, dia sudah berani menjajal semua usaha yang menurutnya bakal jadi ladang penghasilan. Seperti berjualan pentol, berjualan kaos, dan masih banyak yang lainnya.

“Banyak ya mbak usaha yang dulu aku buat, dari yang berjualan pentol, jual kaos. Tapi modal uang untuk usaha itu sebagian besar dari tabungan aku sendiri dan kurangnya dapat dari papa,“ kata Rakha

Sampai saat ini, usaha yang masih digeluti Rakha Alvin Rahadianto ini adalah konveksi baju dan macam-macam olahan sambal, dari kedua usaha ini sudah sampai menembus kancah Iternasional seperti Hongkong dan Arab Saudi.

“Alhamdulillah kalau untuk konveksi sudah sampai dari Arab Saudi sedangkan untuk olahan sambal yang bervariasi juga sudah sampai ke Hongkong dan alhamdulillahnya lagi baru-baru ini bisa mengembalikan uang investor,” tutur lelaki kelahiran Sidoarjo ini

Usahanya yang sampai bisa menembus kancah Internasional ini hanya bermodal kartu nama, mempunyai teman yang banyak dan menjaga kepercayaan dari customer. Untuk saat ini, dia masih memiliki begitu banyak mimpi, salah satunya untuk mendirikan sebuah usaha di bidang minuman.

“Planning saya kedepan saya mau membuat usaha juice and bread, tapi saya masih bingung memilih tempat antara Surabaya maupun Sidoarjo,” ungkap Rakha yg waktu itu  sambil memegang handphone.

Sedikit motivasi dari Rakha, dia mengungkapkan bahwa di usia muda tidak ada yang tidak.mungkin untuk meraih kesuksesan.

“Kalau ada yang beranggapan bahwa sukses itu hanya di raih pada saat kita berusia di atas 24 tahun, itu sangat bohong. Karena selama kita mau berusaha, mencoba dan orang tua maupun orang yang di sekitar kita mendukung, semuanya akan mudah kita raih termasuk menjadi usahawan muda,” tambahnya. (N/F: Salama)

 

PROFIL

Nama              : Rakha Alvin Rahadianto

Ttl                    : Sidoarjo, 09 Juni 1997

SD                    : SD Muhammadiyah Taman

SD Geluran I Taman

SMP                 : SMPN 3 Taman

SMPN 22 Surabaya

SMA                 : SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo