Salvator : Reptil Biawak, Bisa Dipelihara Jadi Hewan Jinak

actasurya.com – Biawak adalah jenis reptil berdarah dingin yang hidup di rawa atau sungai. Spesies ini jika tumbuh di habitatnya akan jadi predator yang ganas dan sangar. Namun sekarang tak perlu khawatir, bila kita tahu cara menjinakkannya, amfibi ini bisa jadi hewan peliharaan.

Seperti Komunitas Salvator Indonesia berhasil menarik perhatian pengunjung yang datang saat berlangsungnya Surabaya  Urban Culture 2017, Minggu (21/05). Lantaran mereka memamerkan biawak berukuran cukup besar, sekitar 40 cm merambat dalam gendongan.

Salvator adalah komunitas penyuka Biawak yang resmi berdiri tahun 2013. Nama Salvator diambil dari nama latin kadal besar itu sendiri. Dedi, salah satu anggota bercerita, bahwa seringkali manusia memburu daging Biawak untuk dikonsumsi dan kulitnya dijual dengan harga tinggi.

Berkaca dari perburuan liar tanpa memikirkan populasinya itu, Dedi dan kawan-kawan akhirnya mendirikan Salvator dan kemudian sering mendatangi acara seperi ini untuk memberikan edukasi tentang Biawak.

Salvator Indonesia sudah tersebar di seluruh nusantara. Kalau di Surabaya sudah 50 anggota. Lewat komunitas ini mereka berharap masyarakat lebih menyanyangi keberadaan Biawak dengan cara memeliharanya. “Sebenarnya biawak mudah dijinakkan, jika kita tau caranya. Kalau kita tidak mengganggunya, ya hewan ini juga gak akan buas dengan kita,” ucapnya. (N/F : Tony)