Prida Mundur, Ratna Amina ‘Maju’

Actasurya.com – Ketua Stikosa AWS, Prida Ariani dilaporkan mundur dari jabatannya. Hal itu santer dikabarkan sejak satu bulan yang lalu. Ratna Amina pun disebut ditunjuk jadi Pelaksana Tugas (PLT).

Kabar ini, pertama kali terdengar pasca-pelantikan pengurus sejumlah organisasi mahasiswa (ormawa), 10 Juni 2021 lalu.

Sumber Acta Surya menyebutkan bahwa Prida sendiri, telah mengajukan surat pengunduran dirinya ke Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur (YPW – JT).

Dari potongan gambar yang didapat Acta Surya, Prida menuliskan pengunduran dirinya sebagai Ketua Stikosa AWS, sejak 9 Juni 2021, karena dianggap tidak mampu mengemban tugas dan kewajibannya.

“Saya ingin menyampaikan pengunduran diri sebagai Ketua Stikosa AWS karena dianggap tidak mampu melaksanakan tugas dan kewajiban seperti yang diharapkan dan ditetapkan oleh YPW – JT. Untuk itu terhitung mulai Kamis, 1 Juli 2021, saya sudah tidak lagi menjabat sebagai Ketua,” bunyi penggalan surat Prida.

Saat dikonfirmasi Ketua YPW – JT, Imawan Mashuri membenarkan ihwal pengunduran diri Prida tersebut. Begitu juga soal surat yang beredar. Namun, Imawan menolak membeberkan alasan pengunduran diri Prida.

”Benar (Prida mengundurkan diri). Tanya yang bersangkutan saja, kenapa mundur dari jabatannya,” kata Imawan, kepada ActaSurya,  Kamis, 1 Juli 2021.

Imawan hanya menyebutkan bahwa mundurnya Prida demi kebaikan dan keberlanjutan kampus komunikasi tertua di Jatim ini.

”Mundurnya Prida tidak menghambat jalannya manajemen kampus, justru demi kebaikan kampus di masa depan,” ujar dia.

Prida sendiri baru dilantik sebagai Ketua Stikosa AWS sejak 29 Oktober 2019. Itu artinya jika dihitung, ia hanya menjabat selama 21 bulan atau tak sampai genap dua tahun.

Mundurnya Prida ini, kemudian membuahkan kekosongan jabatan. Namun kata Imawan, sesuai dengan Statuta Stikosa-AWS, posisi ketua sementara ini diisi oleh Pelaksana Tugas (PLT) Ratna Amina, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua I.

BACA JUGA   100 Hari Kerja Kepemimpinan Ketua Baru

”Sesuai dengan Statuta, jika Ketua mundur maka digantikan sementara oleh Wakil Ketua I, yaitu Ratna Amina,” ucap dia.

Ratna akan mengisi jabatan yang ditinggalkan Prida, hingga pihak yayasan menunjuk dan menetapkan Ketua Stikosa AWS yang baru.

“Untuk saat ini yayasan sedang menyeleksi secara internal untuk nama – nama calon ketua AWS, dalam waktu yang secepatnya,” pungkas Imawan.

Acta Surya telah berupaya mengonfimasi Prida perihal mundurnya ia dari posisi Ketua Stikosa AWS. Namun yang bersangkutan tidak memberikan respons.

(N/F: Firda, Shella/dok. pribadi)