Bedak Alami Buatan Sendiri

actasurya.com – Dari dapur tak hanya tercipta sepiring makanan lezat atau juga segelas minuman segar. Tapi, di dapur juga menyimpan bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai perawatan tubuh ataupun kosmetik. Salah satunya adalah tepung jagung atau tepung maizena.

Di luar negeri, hal ini sudah lazim digunakan, mengingat banyaknya kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya seperti merkuri hingga paraben. Di Indonesia sendiri, tren ini mungkin tidak populer lantaran banyak masyarakat yang masih suka memakai kosmetik yang memiliki hasil instan.

Tepung jagung atau corn starch merupakan bahan untuk membuat bedak yang mana bahan ini baik untuk semua umur. Namun, di Indonesia, talc mendominasi berbagai merek bedak. Talc sebetulnya bukan bahan yang buruk, tapi jika salah pemakaian dapat berbahaya bagi kesehatan.

Talc (hydrous magnesium silicate) diperoleh dari mineral yang ada di alam. Namun, seringkali batuan yang mengandung talc juga tercemar asbestos (chrysotile, tremolite, anthophyllite). Yang mana asbestos bersifat human carcinogenic, yakni zat-zat yang memicu kanker.

Tak hanya itu, talc dapat mengiritasi mata, juga sangat irritant bagi hidung, tenggorokan dan paru-paru jika terhirup. Akibatnya bisa batuk, bahkan kesulitan bernafas, bronchitis atau phlegm.

Karena hal ini, bedak yang berbahan dasar corn starch dinilai lebih aman meskipun hasil penggunaannya tidak sebagus menggunakan talc. Namun, bedak berbahan dasar tepung jagung ini memiliki keunggulan lain yaitu tidak membuat kulit kering menjadi lebih kering. Tepung maizena juga cocok untuk pemilik wajah berminyak, karena menggandung oil control yang bagus.

Berikut langkah-langkah membuat bedak maizena;

Alat dan Bahan :

  1. Tepung Maizena.
  2. Bubuk Coklat atau Cocoa Powder.
  3. Spatula kecil atau tusuk gigi untuk mengaduk.
  4. Mangkuk atau tempat bedak.
BACA JUGA   Kampoeng Surabaia Meriahkan HJKS

Langkah-langkah :

  1. Siapkan mangkuk, masukkan dua sendok tepung maizena ke dalamnnya.
  2. Campurkan satu sendok bubuk coklat.
  3. Aduk hingga rata, tambahkan lagi tepung maizena atau bubuk coklat hingga sesuai dengan warna yang diinginkan.
  4. Selesai, bedak maizena sudah siap untuk dipakai. (N/F : Hilda/Google)