Sekali Merengkuh Dayung di Lenggoksono, Tiga Pantai Terlampaui

actasurya.com – Malang Selatan menyuguhkan banyak wisata pantai yang menawan untuk dikunjungi, salah satunya di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Tempat ini mempunyai destinasi yang bisa memanjakan mata para pelancongnya. Ibarat kata pepatah, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Di pantai ini pun, menapaki satu tujuan dapat membawa pengunjung melampaui tiga tempat sekaligus.

Adalah Pantai Lenggoksono, yang mampu memberi dan mengantar pengunjung ke tiga tujuan yang leluasa keindahannya untuk bermesraan dengan alam. Sebelum sampai disana, pengunjung harus menempuh perjalanan selama dua jam dari Malang kota. Aspal jalanan yang tadinya mulus, sontak akan berubah menjadi jalur berliku dan naik turun setelah melewati wilayah Dampit. Namun, pemandangan jajaran pegunungan yang menjulang tinggi serasa menambah suasana lebih menarik dan memikat mata, ditambah lagi dengan dalamnya jurang yang terlihat di sisi kanan dan kiri.

Sampai di Pantai Lenggoksono, pengunjung akan disambut oleh pemandangan hamparan pantai yang luas nan indah, dengan perahu nelayan berjejer rapi di tepi pantai. Sayangnya, kawasan ini cukup dapat dikatakan kotor karena banyak sekali sampah yang berserakan, pun juga kurang terjaganya kebersihan dari pihak pengelola maupun pengunjung pantai.

Perahu-perahu yang berjajar di tepi pantai itulah yang nantinya akan mengantar wisatawan ke tiga tempat paket wisata Lenggoksono. Rute yang dilalui adalah Pantai Banyu Anjlok, Pantai Bowele atau Bolu-Bolu, tak ketinggalan pengunjung juga bisa snorkeling di Teluk Kletakan. Untuk menyewa perahu, pengunjung di kenakan biaya pengantaran dan penjemputan dengan harga 50 ribu.

“Pantai Lenggoksono cukup asyik, cuma kebersihannya kurang terjaga dan perahunya pun bisa dibilang mahal untuk hitungan per kepala. Karena biasanya di pantai lain yang menyediakan jasa sama persewaan perahu pengantar pengunjung itu harga rombongan berapa orang. Apalagi disini anak kecil umur 3 tahunan ditarik ongkos biaya yang sama dengan orang dewasa,” ujar pengunjung dari Sidoarjo yang akrab dipanggil Yit ini.

BACA JUGA   Merasakan Segarnya Air Terjun di Pantai Banyu Anjlok

Tak perlu khawatir bagi pengunjung yang mudah diserang lapar, karena di pantai ini banyak warung yang menyediakan makanan maupun camilan untuk pengganjal perut. Kios persewaan peralatan pun berderet, yang mana untuk mendukung fasilitas pengunjung. Kios-kios ini menyediakan kacamata renang yang digunakan saat snorkeling, hingga kamera waterproof.

Harga sewa kacamata snorkeling berkisar antara 25 ribu sampai 35 ribu. Sedangkan untuk kamera waterproof, dibandrol 75 ribu. Semua yang hendak menyewa peralatan tersebut dipersilahkan meninggalkan jaminan berupa SIM, KTP, atau tanda pengenal lainnya. (N/F: Haris)