Nostalgia Jajan Tradisional dengan Ketan Dudut

actasurya.com – Bila Anda pecinta jajanan tradisional, pasti kenal dengan ketan bubuk. Ketan lembut yang ditaburi dengan bubuk kedelai yang gurih, membuat jajanan ini menjadi pilihan saat akan ada syukuran ataupun acara adat.

Salah satu tempat yang menjual jajanan ini adalah Kedai Ketan Dudut. Kedai yang terkonsep seperti mini café ini, menyediakan berbagai varian rasa ketan. Ada rasa ketan durian, ketan susu putih, ketan coklat, ketan coklat keju, ketan bubuk dan masih banyak varian yang bisa dipesan sesuai selera.

Ketan bubuk merupakan rasa yang paling banyak dinikmati. Ketan yang ditaburi bubuk kedelai yang sedikit pedas ini membuat rasa ketan gurih serta menggigit. “Kita memakai cabe untuk campuran bubuk kedelainya, jadi pedesnya nggak nyenggrak,” ungkap Andre Wijayanto, selaku pemilik Kedai Ketan Dudut ini.

Yang membuat beda dalam penyajiannya adalah ketan hangat yang dibalut topping hingga menutupi seluruh bagian ketan.

“Biasanya kalo orang-orang menyajikan ketan ini bubuknya dipisah, jadi makannya hanya ditutul. Tapi di sini kita mencampur bubuk itu, agar penikmat ketan ini puas dengan bubuk ketannya,” ujar Andre.

Bagaimanapun juga, ketan hangat yang padat dan punel ini belum lengkap tanpa kopi. Kedai Ketan Dudut juga menyuguhkan berbagai jenis kopi arabica dan robusta, yang pastinya cocok untuk teman makan ketan dudut.

Jangan khawatir, harga yang diberikan sangat terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp. 4000 hingga Rp. 9000, Anda sudah bisa menikmati jajanan tradisional ini. Kopinya juga tak kalah murah,  mulai harga Rp. 3500 hingga Rp. 4500, Anda sudah bisa memesan kopi sesuai selera.

“Saya suka bubuknya, pedesnya nggak terlalu kerasa tapi beberapa menit kemudian lidah kayak panas. Efek cabenya kali ya,” kata Dani, pengunjung yang sering nongkrong di Kedai Ketan Dudut.

Jika Anda sedang berada di daerah Surabaya Barat, jangan lupa untuk mampir di Kedai Ketan Dudut ini. Kedai ini ada di Jalan Manukan Karya (depan Superindo Manukan). Jika malas keluar rumah, Anda dapat memesan ketan ini dan dikirim melalui Go-Jek. (N/F: Darso)