Manfaat Tersembunyi Biji Salak

actasurya.com – Kopi sejatinya dibuat dari biji kopi yang telah diproses sedemikian rupa hingga menjadi minuman yang memiliki cukup digemari sebagian kalangan. Namun tak banyak yang tahu jika minuman kopi bisa dibuat dengan alternatif yang lain.

Salah satunya adalah biji salak. Jika kita memakan buah salak, kini tak ada salahnya untuk mencoba mengumpulkan bijinya dan membuatnya menjadi kopi. Membuat kopi dari biji salak caranya sama dengan membuat kopi dari biji kopi. Namun yang membedakannya adalah kandungan yang tersembunyi dibalik biji salak.

Dilansir dari beberapa laman, biji salak ternyata mengandung polifenol yang baik bagi kesehatan tubuh.  Polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung, pembuluh darah serta kanker.  Tak hanya itu, polifenol ternyata juga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Beberapa artikel juga menyebutkan jika biji salak dapat pula menyembuhkan asam urat dan menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut adalah langkah-langkah mengolah biji salak menjadi kopi :

  1. Cuci bersih biji salah yang sudah dikumpulkan.
  2. Jemur biji salak yang telah dicuci dibawah terik matahari.
  3. Sangrai (goreng tanpa air ataupun minyak goreng) biji salak hingga matang namun jangan sampai gosong.
  4. Tumbuk sangraian biji salak hingga halus.
  5. Jika ingin dibuat kopi, seduh serbuk biji salak layaknya menyeduh serbuk kopi.

Sensasi lain saat menyeduh kopi biji salak adalah aromanya. Sebab aroma khas salak akan tercium saat menyeduh kopi biji salak. Tertarik untuk minum kopi biji salak? (N/F: Tika/Google.com)