Hadirnya Fira OS, ROM Buatan Lokal

actasurya.com РIndonesia patutnya berbangga, khususnya dalam bidang teknologi gawai. Belum lama ini, PT Fira Makmur Indonesia meluncurkan sebuah ROM buatan lokal. Yakni Fira OS, sebuah ROM Android yang dikembangkan di atas Android  versi Lolipop. Fira OS ini memiliki fitur-fitur yang disesuaikan dengan pasar dalam negeri.

Terdapat tiga fitur yang diunggulkan. Di antaranya, Fira Check Pulsa, di mana para pengguna dimudahkan untuk mengetahui sisa pulsa yang dimilikinya. Caranya cukup mudah. Pengguna cukup menggeser menu notifikasi dari atas ke bawah. Di pojok kiri bagian atas menu langsung terlihat jumlah pulsanya. Pihak pengembang menyatakan, fitur ini telah mendukung semua operator seluler di Indonesia.

Lalu, ada juga aplikasi Fira Store. Dengan ini, pengguna dapat membeli berbagai jenis pulsa dengan mudah. Sehingga tidak perlu bingung harus ke mana untuk membeli pulsa. Tidak hanya pulsa telepon, pulsa listrik bahkan voucher game online juga tersedia.

Ditambah juga Fira Pay. Secara singkat, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan jenis pembayaran lain, seperti Samsung Pay, Androi Pay atau Apple Pay. Pengguna hanya diminta untuk memasukkan informasi kartu kredit terlebih dahulu. Barulah fitur ini dapat langsung digunakan dalam transaksi online maupun offline.

Tidak hanya, ketiga fitur unggulan di atas. Fira OS juga memanjakan penggunanya dengan fitur lainnya. Seperti Fira Smart Call, Fira UI dan juga Fira SMART Directory. Adapun spesifikasi hardware minimum yang diperlukan hanya prosesor berkecepatan 1,2 GHz dan RAM 1GB. Hanya saja, Fira Os belum mampu dinikmati secara publik.

Polytron, smarthpone pertama yang mengembangkan ROM ini dalam teknologi gadgetnya, yang baru diluncurkan pada akhir Januari lalu. Diharapkan, Fira OS dapat meluncurkan fitur-fitur apik lainnya dan sanggup bersaing dengan ROM buatan asing. (N/F: Fahmi/Google)

BACA JUGA   Abadikan Momen Bersama Bung Karno