Awas Bisa Teler Minum Es Ini!

actasurya.com – Terbuat dari santan dengan campuran buah-buahan yang disiram gula sirup dan lembutnya es batu yang  telah terserut halus, sangat cocok untuk segera mengusir dahaga di siang hari. Es teler sebutannya. Minuman yang tak hanya digemari kalangan muda saja, melainkan orang tua pun juga suka. Hanya saja, es teler yang satu ini berbeda rasa dan komposisinya dari es teler kebanyakan.

Depot Es Teler Yola adalah tempat di mana Anda bisa menemukan es teler yang beda dari es teler lainnya itu. Minuman itu diperdagangkan menggunakan mobil pick up, dengan kap belakang terbuka yang jok belakangnya diganti etalase berisi aneka macam buah. Kendaraan ini dimodifikasi khusus oleh pemilik untuk memfasilitasi kegiatan jual-beli. Bertempat di depan area pintu masuk Masjid Al-Akbar Surabaya, mobil ini sering terlihat ramai dikerumuni  pembeli.

“Rasanya enak seger, gulanya gak bikin serik. Saya sering ke sini sama anak atau suami,” ungkap Dita, salah satu pembeli saat ditanya di lokasi.

Es teler pada umumnya hanya berisi nangka, alpukat dan kelapa muda. Es teler semacam itu tidak akan ditemui di tempat ini. Di sini semangkuknya akan terisi nata de coco, jelly, kelapa muda, alpukat, nangka, kelengkeng, lembutnya roti keju yang tercampur kuah santan dan manisnya duren. Tak hanya itu, serutan halus es batu ditambah siraman sirup merah menjadikan minuman ini cukup diburu para pelanggan.

“Saya dagang di sini sudah hampir dua tahun. Awalnya saya coba eksperimen bikin sirup sendiri waktu bulan puasa untuk buka bersama keluarga dan saudara di rumah, terus dipadukan sama santan buah-buahan. Ternyata pada cocok di lidah mereka,’’ ujar Yolanda sang pemilik sambil tertawa.

Menyadari  minuman ini sesuai sebagai hidangan penutup makan siang, pemilik biasanya mulai menjajakan es teler itu mulai pukul 12.00 –  hingga habis. Berkat kekreatifan Yolanda,  Anda juga bisa mencicipi dua menu andalan lainnya; es alpukat dan sop buah yang gak kalah segarnya . Tak perlu khawatir untuk merogeh kocek terlalu dalam, karena semua macam menu hanya dibandrol seharga Rp. 13-15 ribu  saja. (N/F : Tonny)