Wisata Edukasi di Bumi Bung Karno

actasurya.com – Blitar sangat identik dengan Soekarno. Segala tempat wisata tentang dia ada disini. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Blitar adalah Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Setiap harinya, perpustakaan ini selalu dikunjungi para wisatawan. Tak sedikit pula para wisatawan mengajak buah hatinya untuk sekedar berkeliling menyusuri tempat ini atau memberikan wawasan kepada anaknya.

Seperti halnya Nana, wisatawan asal Kediri ini mengajak anak pertamanya Vicko yang masih berusia 3,5 tahun mengunjungi perpustakaan Bung Karno. Ia sudah 3 kali mengajak anaknya berwisata ke sana. Disana ia memberikan edukasi untuk anaknya agar tahu tetang siapa sosok Bung Karno itu. Walaupun terkesan terlalu dini, Nana tidak menuntut banyak anaknya dalam belajar mengenal sang Proklamator.

“Di sini, saya mengajak anak saya untuk melihat-lihat peninggalan Bung Karno. Dari melihat peninggalan di sini, juga bisa menambah pengetahuan anak saya. dan anak saya sangat sekali”, ungkapnya.

Hal yang sama juga dilontarkan oleh Krisna. Krisna mengajak anaknya untuk berkunjung ke Perpustakaan Bung Karno. Tujuan Krisna kesini hanya untuk menghabiskan waktu cuti kerja saja. Namun ia juga ingin mengajarkan anaknya untuk mengenal Bung Karno. Krisna mengajak berkeliling melihat-lihat lukisan, foto-foto dan koleksi lainnya mengenai Bung Karno.

“ingin refreshing aja, selagi saya cuti kerja. Kalau anak sendiri belum paham tetang ini karena masih berusia 3,5 tahun. Yang ingin tahu sebenarnya saya. tapi ini tidak menutup kemungkinan jika anak saya tertarik dengan semua ini,” jelas wanita asal Jombang ini.

Menurut Hanafi S.ip, staff Layanan Informasi dan Keanggotaan, jumlah pengunjung di perpustakaan ini terbagi menjadi 2 bagian, pengunjung buku dan pengunjung non-buku. Dalam sehari, pengunjung buku mencapai 627 orang. Sedangkan untuk pengunjung non-buku, pengunjung bisa mencapai 2327 per harinya.

BACA JUGA   Keelokan Pantai Kecil di Karanggongso

naskah : Kartika Sari D. | foto : Wisnu Priyo