Turun ke Jalan, Bagikan Pita Merah

actasurya.com – Banyak dari masyarakat berpikir bahwa penyakit HIV AIDS adalah penyakit yang sangat berbahaya. Begitu pula dengan penderitanya atau ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) yang harus dijauhi. Namun, pernyataan tersebut jelas sangat keliru, justru para ODHA sangat membutuhkan  dukungan masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan.

Sebagai bentuk dukungan kepada para ODHA, ditetapkan tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia. Tak ketinggalan, Stikosa AWS turut membagikan pita merah untuk pengguna jalan di sekitar perempatan Panjang Jiwo, Surabaya. Hal ini sebagai simbol Retribon yang di resmikan oleh badan anti HIV AIDS.

Acara yang berlangsung pukul  15.00 hingga 15.30 ini diikuti oleh 15 perwakilan mahasiswa, beberapa dosen dan karyawan. Tujuannya untuk mengingatkan kembali  kepada masyarakat tentang kepedulian akan penyakit AIDS maupun penderitanya (ODHA).

“Umumnya seseorang yang terjangkit HIV AIDS, maka dia akan dijauhi oleh orang disekitarnya,” tutur Yokhanan Kristiyono selaku ketua pelaksana.

Harapan terbesar dari kegiatan yang berlangsung selama 30 menit ini bisa membangkitkan kesadaran masyarakat dan mengingatkan kembali bahaya dari penyakit HIV AIDS dan tidak mengasingkan orang-orang yang terjangkit, melainkan merangkul orang tersebut layaknya masyarakat sosial.

“Dari hal yang sederhana ini, kita ingin efeknya besar bagi masyarakat,” tutup Yokhanan Kristiyono. (N:Dewid)