Teatrikal Warnai Tabligh Akbar

actasurya.com – Mengusung tema ‘Inspirasi 2013’, K.H.M.I.K. Ketut Sugama FGh.SH menggelar tabligh akbar di Gedung Soetardjo, Universitas Jember (9/6). Pengemasan acara yang berbeda, dengan adanya penampilan teatrikal mampu warnai tabligh akbar.

Berbagi teatrikal mampu menarik perhatian masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Diantaranya, tiba-tiba ada pemuda mengendarai motor ugal-ugalan sampai menabrak orang, keranda yang dibawa masuk ke dalam gedung, hingga munculnya 20 pocong di tengah-tengah penonton. Teatrikal tersebut merupakan ilustrasi dari syi’ar yang disampaikan Ketut.

“Teatrikal tadi adalah inovasi dalam dakwah,” kata Ketut, ketika ditemui setelah acara. Menurut M. Yaslafi Nasril Ulum, Ketua Pelaksana, adanya penampilan teatrikal dalam tabligh akbar ini merupakan konsep baru, agar penonton tidak jenuh dengan suguhan yang monoton.

Acara yang dipersiapkan sejak dua bulan lalu ini, khusus memperingati 17 tahun Ketut masuk Islam, yang bertujuan untuk berbagi pengalaman selama ia menjadi muallaf. “Inti dari acara ini, bagaimana seorang Pak Ketut menceritakan pengalamannya, mulai beliau masuk Islam sampai berumur 17 tahun,” jelas pria yang akrab disapa Ulum ini.

Tak hanya dari orang dewasa saja yang menghadiri tabligh akbar ini, tapi anak-anak pun turut memeriahkannya. Seperti Galih Yulianto (15), siswa SMP Kartika, ia datang dalam acara tersebut karena ingin memperkaya ilmunya, serta mendapatkan renovasi raga dan batin.

“Saya selalu datang di acaranya Pak Ketut. Ingin ikut memeriahkan saja, acaranya juga menarik kok,” komentar Munik, warga Balung Tutul, Jember. Selain tabligh akbar, di tempat yang sama juga digelar pameran lukisan keluarga Ketut.

naskah dan foto : Ayu Puspitaningtyas

BACA JUGA   Pamerkan Sebuah Karya yang Dikelolah dari Barang Bekas