Sobat Ambyar Kompak di Malam Jazz Traffic Festival

Didi Kempot saat tampil di Bank Jatim Stage Bistar Jazz Traffic Festival 2019, Sabtu (14/09).

Actasurya.com – Ada yang berbeda dari gelaran Bistar Jazz Traffic kali ini. Di mana acara tahunan yang identik dengan musik jazz ini, menghadirkan musisi dengan ciri khas tembang jawanya.

Di event Jazz Traffic yang ke-9 memang sedikit berbeda. ‘Godfather Of Broken Heart’ begitu julukan Didi Kempot ini tak hanya membawa format musik campursari. Didi kempot akan berkolaborasi dengan grup musik jazz, Fussion Stuff.

Dibuka dengan instrumen oleh Fussion Stuff. Didi kempot disambut dengan tepuk tangan dan sorakan yang meriah dari pada sad boys dan sad girl. “Senajan patah hati seng penting dijogeti,” kata pembuka yang diutarakan Lord Didi sapaan akrabnya.

Dilanjut dengan membawakan lagu banyu langit, berturut-turut lagu andalan dinyanyikan, mulai dari stasiun balapan, Cidro, Layang Kangen, Suket Teki, Sewu Kutho serta ditutup dengan Pamer Bojo.

Tak anyal semua sobat ambyar ikut bernyanyi serta menghayati satu persatu lagu yang dibawakan dengan aransemen jazz ini.

Pembawaan musik jazz tentunya belum terbiasa oleh Didi kempot. Dirinya mengaku sangat berusah keras untuk dapat menyesuaikan genre baru yang dibawakan di Jazz Traffic Festival. “Aku belajar mati-matian. Tentunya menyesuaikan dan belajar, dengan grup, karena ini genre beda tapi semangat musisi jazz harus semangat,” terang Didi Kempot.

Dalam perjalannya karirnya selama 31 ia merasa sempat kesulitan untuk beradaptasi dengan musik jazz. “Susah. Ritmenya beda, pasti. Inter upnya sudah berubah dengan aslinya, kita harus menyesuaikan telinga. Surabaya luar biasa,” ujar pelantun tembang cidro ini.

Melihat kekompakan sobat ambyar, Pakdhe Didi yang juga sapaan akrabnya mengaku bangga kepada anak muda saat ini bahwa mereka tidak malu menyanyikan lagu tradisional di khalayak umum.

“Itu yang saya bangga. Karena anak-anak muda mau menyanyikan lagu tradisional yang nonton pagelaran lagu-lagu tradisional. Gak malu tersorot kamera. Menyenangkan,” ujar Didi Kempot di Backstage pada, Sabtu (14/9) malam.(N/F: dni)