Serpihan Panorama Kampung Wisata Kungkuk

actasurya.com – Menjelang libur panjang seperti saat ini, nampaknya menjadi momen yang bagus untuk mengajak keluarga berlibur bersama. Nuansa alam yang sejuk dengan hamparan ladang hijau dan jauh dari keramaian kota bisa menjadi alternatif tempat berlibur untuk menghilangkan rasa penat saat beraktifitas.

Seperti Kota Batu yang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya, kini Dusun Kungkuk Desa Punten Kecamatan Bumiaji yang diresmikan oleh pemerintahan setempat sejak 2009 silam untuk dijadikan kampung wisata. Kampung yang dirancang khusus sebagai Kampung Wisata Kungkuk ini berjarak 6 km dari pusat Kota Wisata Batu.

Kampung wisata yang berada di perbukitan ini memiliki pesona alam yang tidak dimiliki kampung-kampung wisata lain. Mengapa tidak, ketika sang fajar terbit dari barat mata akan disilaukan keindahannya dari atas bukit. Luas mata memandang yang ada hanya kata indah, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam yang terhampar luas, seakan kaki menginjak di atas langit.

Bahkan ketika matahati tenggelam dan terbit wisatawan juga dapat melihat dari homestay yang ditempati sebagai persinggahan. Tidak hanya pesona alamnya saja, banyak wisata yang ditawarkan di Kampung Wisata Kungkuk, seperti petik buah apel, jaruk dan jambu, wisata berkebun, wisata perah susu, wisata berkuda, camping ground, outbound, tobing dan wisata kuliner jajanan home industri.

Ketua Kampung Wisata Kungkuk Suwito mengaku dirinya dan segenap warga siap sekali untuk menjamu jika ada wisatawan yang mau berlibur. “Di Kungkuk ini, wisata yang kami sodorkan lebih pada ke panorama wisata alam, pengunjung akan merasakan benar-benar hidup di pedesaan. Bahkan ketika malam hari, pengunjung juga diajak meronda bersama warga,” pungkasnya.

naskah : Rochmawati  | foto : Arrizqi Damayanti