Seminar “Televisi di Era Digitalisasi”

Kanan Fajar A. Isnugroho menjadi salah salah satu pemateri, Kiri Sinyo Arafi alummi Stikosa-AWS sekaligus moderator pada seminar Broadcasting Televisi Jaman Now. Selasa (1/10).

Actasurya.com – AWS-TV sebagai salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Stikosa- AWS (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya) menggelar seminar broadcasting bertajuk ‘Televisi Zaman Now’ pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Acara bertema ‘Televisi di Era Digitalisasi’ ini diselenggarakan di Atrium Gunawangsa Tidar, Jl. Tidar No. 350,Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, kota Surabaya itu, diikuti 50-100 peserta dari beberapa universitas, seperti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN), Universitas Widya Mandala, dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Malang.

Salah satu peserta menanyakan tentang bagaimana sebuah tantangan konten Televisi Jaman Now Serta bagaimana tantangan Radio di Jaman Now lalu bagaimana cara mengatasinya. Selasa (1/10).

Menghadirkan pemateri salah satu dosen Stikosa-AWS, Fajar A. Isnugroho dan Maulana Syarifudin reporter dari SBO TV yang juga pemerhati penyiaran. Serta dimoderatori oleh Sinyo Arafi alummi Stikosa-AWS, seminar yang berlangsung sejak pukul 16.00 WIB ini, membahas bagaimana televisi bersaing di era digitalisasi saat ini.

“Sehubungan dengan memasuki era 4.0, televisi di zaman era digital ini mau dibawa ke mana, dunia televisi sekarang ini tidak murni televisi, pasti ada unsur online di dalamnya juga acara televisi sekarang bisa ditonton lewat YouTube. Dampak kondisi itu bisa dirasakan langsung oleh AWS-TV yang berkecimpung di dunia televisi,” jelas Errita Dian Puspitasari selaku Ketua Pelaksana acara.

Sementara Maulana Syarifudin reporter SBO TV, memberikan tanggapan bahwa acara ini sangatlah menarik sebagai pembekalan untuk mahasiswa. Terlebih bagi anggota AWS-TV dan secara umum kampus Stikosa-AWS, sebagai Almamater Wartawan . “Acara hari ini sangat menarik untuk mahasiswa – mahasiswi, khususnya AWS TV dan Alamamater Wartawan harus mampu menjawab berbagai tantangan  di era digital,” terangnya. 

Maulana juga berpesan agar mahasiswa dituntut lebih aktif sebagai agen sekaligus motor perubahan di era digitalisasi, “Mahasiswa harus menyikapi era 4.0 dengan memberikan nilai lebih lah, tidak hanya di dalam kampus namun juga ketika mereka nanti terjun langsung ke dunia kerja,” tambahnya.

Sementara salah satu peserta yakni dari STT Malang ikut berpendapat, bahwa acara seminar ini luar biasa juga pematerinya sangat hebat. Menurutnya acara seperti ini harus lebih banyak diadakan oleh kalangan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, “Kalau bisa diadakan secara rutin, meskipun skalanya tidak besar. Artinya di lingkup-lingkup kampus, antar UKM, diskusi ini harus intens dilakukan,” ujar Marcel Kefas Yosofat Mahasiswa STT semester 3.

AWS-TV juga mengundang Aulia Ahmad and Friends selaku musisi Surabaya, sebagai pengisi hiburan dalam seminar broadcasting kali ini. Pada penghujung acara, juga ada doorprize yang diberikan kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan. (N/F: Cla/Sla)