Santap Malam dengan gurihnya nasi bakar Semangi

actasurya.com Jika nasi bakar pada umumnya berbentuk kotak atau terlihat seperti bantal, maka hal ini tak berlaku untuk nasi bakar semangi. Nasi dengan balutan daun pisang ini berbentuk mengerucut seperti nasi tumpeng.  Begitu dibuka, aroma sedap akan langsung mengyeruak keluar dari nasi dengan paduan lauk seperti ayam, Telur asin, dan Tuna terlur asin.

Nasi bakar kemangi berbahan nasi putih yang dimasak dengan santan yang menjadikan rasanya gurih, dengan berpandu lauk yang ada didalamnya menjadikan masakan ini serupa dengan nasi uduk dengan kemasan yang berbeda.

Nasi bakar yang merupakan masakan khas Jawa Barat khususnya Bandung ini, juga dipadukan dengan bumbu khasnya yang membuat aroma semakin sedap. Salah satu penjual nasi bakar semangi ini Lina dengan kedainya yang terletak dijajaran kedai makanan festival kuliner nusantara Pakuwon City yang digelar dari tanggal 5 September hingga 5 Oktober ini.

“Nasi bakar semangi itu asli Bandung, cuma karena jualnya di Jawa Timur jadi nasi ini dirubah sesuai lidah orang Jawa Timur, ada beberapa varian rasa yang baru,” ungkap Lina, ketika dihubungi oleh reporter Acta Surya melelui telefon.

Untuk menikmati nasi bakar semangi ini hanya cukup merogo kocek dari Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 saja. “Pertama kali makan rasanya gurih, semanginya kuat nasinya kayak nasi uduk, soal harga terjangkau bagi katong mahasiswi,“ujar Ninik Vatmawati yang kemudian melahap nasi bakar semanginya.

 

Naskah & Foto : Adek Dharma Santoso

BACA JUGA   Ditiadakannya Sementara Aturan Presensi 75 Persen