Riuh Meriah Festival Rujak Uleg Surabaya

actasurya.com – Matahari menyapa ribuan masyarakat Surabaya di acara Festival Rujak Uleg 2017 Minggu, (14/5). Peserta maupun penonton telah memadati sepanjang jalan Kembang Jepun sejak pukul 06.43. Festival Rujak Uleg ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724.

Semakin siang penonton dan peserta lomba semakin antusias ditambah sambutan dari walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang membuat masyarakat lebih bersorak sorai. “Mari kita tumbuhkan lagi semangat 45!,” serunya saat berada diatas panggung. Pukul 09.26 Risma beserta jajarannya mulai nguleg rujak di depan panggung utama.

Festival ini diikuti sekitar 1.500 peserta yang mengikuti lomba. Angka ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang berjumlah sekitar 1.300 peserta. Pakaian, corak daerah, hingga keunikan dari rasa rujak terlihat ketika para peserta mulai mengolah makanannya. Diiringi musik khas Surabaya, beberapa penonton membaur bersama peserta dan ikut melantunkan nyanyian.  “Kalo tahun kemarin kita datang cuman jadi penikmat rujak, tapi sekarang kita milih buat ikut langsung lombanya,” ujar salah satu peserta, Zainal Abidin.

Penonton pun tak ingin kalah memberikan semangat pada teman dan kerabatnya yang menjadi peserta. Di kesempatan ini pula para pengunjung mencoba mencicipi langsung rujak hasil karya peserta. “Sekali setahun bisa ngicip rujak gratis, mas. Lagian daripada nganggur dirumah,” kata Sriyanti Muliyana, pengunjung Festival Rujak Uleg sembari menikmati rujak. (N/F : Dewid)