Rek Ayo Rek, Risma Buka Parade HUT-722

Risma membuka acara Parade Budaya dan Pawai Bunga, Minggu (3/5). Ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Surabaya ke-722.
Risma membuka acara Parade Budaya dan Pawai Bunga, Minggu (3/5). Ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Surabaya ke-722.

actasurya.com – Dalam rangka merayakan Hari Jadi Kota Surabaya ke-722, Pemerintah Kota Surabaya kembali menggelar serangkaian acara. Salah satunya Parade Budaya dan Pawai Bunga, Minggu (3/5/2015). Acara ini dimulai tepat pukul 08.30 pagi, bertempat di Tugu Pahlawan. Acara ini dibuka langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini dengan menyanyikan lagu “Rek Ayo Rek”.

Parade tersebut dimeriahkan oleh arak-arakan tarian dan pakaian adat, mobil hias dari berbagai instansi. Selain itu, diramaikan Tarian Remo juga atraksi Reog Ponorogo, Drum Band, Barongsai dan sepeda ontel kuno khas Surabaya. Belum lagi lenggak-lenggok model cantik yang berpakaian serba bunga.

“Parade budaya dan pawai bunga kali ini banyak diikuti oleh daerah-daerah dari luar Surabaya,” ucap Risma. Benar saja, daerah dari luar Surabaya pun tak mau kalah. Di antaranya ada Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Makassar, Bali, dan Madura, pun turut berpartisipasi dalam Parade Budaya dan Pawai Bunga tersebut.

Rute parade tahun ini lebih panjang dari tahun sebelumnya. Start dimulai dari Tugu Pahlawan – Keramat Gantung – Tunjungan – Gubernur Suryo – Yos Sudarso – Letjen Suprapto – Taman Surya – Jalan Pemuda-Panglima Soedirman – Urip Sumoharjo – Darmo, hingga finis di Kantor Kota Madya

Antusiasme ribuan warga Surabaya yang ingin menonton parade pun sangat besar. Tidak sedikit warga yang ingin berfoto selfie dengan peserta parade. Ini tampak ketika peserta parade dari Reog Ponorogo pun rela distop sejenak oleh salah satu warga yang ingin berpose bersama dengan peserta yang memakai kostum Singa Barong khas Ponorogo ini.

“Suka aja sama kostumnya soalnya budaya asli Indonesia. Selain itu juga buat bahan narsis, sih,” ujar Silviana Asyari, salah seorang penonton parade dari Rungkut, Medokan, Surabaya ini.

Sementara itu, pihak kepolisian menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu mendekat dengan para peserta Parade Bunga dan Pawai Budaya. Ini agar perjalanan para peserta bisa berlangsung lancar.

(N/F: Farid)