Rayakan Hari Jadi ke-69, Jatim Siap Sambut MEA

actasurya.com – Mengikuti kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, Pameran terbesar di Indonesia Timur Jatim Fair 2014 Kembali digelar untuk yang ke-5 kalinya. Acara yang juga diperingati sebagai puncak peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-69 ini masih digelar di Grand City Exhibition dan Convention Hall Surabaya.

Pameran  resmi  dibuka (09/10/2014) Kamis malam oleh Soekarwo, Gubernur Jawa Timur.  Menurut Soekarwo acara ini akan mampu mempromosikan berbagai profil bisnis dan memamerkan berbagai multi produk UMKM yang mempunyai prestasi dan potensi di berbagai sektor.

Tersedia setidaknya 575 booth yang menampilkan produk-produk unggulan dari pemerintahan, BUMN/BUMD, perusahaan swasta menengah dan besar, serta UMKM.  “Acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap Pengusaha-Pengusaha untuk persiapan menyambut MEA 2015 (Masyarakat Ekonomi Asean). Para Pengusaha harus siap bertarung di dunia ekonomi dan pasar international,” ujar Soekarwo di sela pembukaan Jatim Fair 2014.

“Beberapa perwakilan negara sahabat seperti Jepang, Belanda, Polandia, Perancis, Thailand, Selandia Baru, dan Korea Selatan juga ikut serta mengisi perhelatan akbar ini dengan menampilkan profil bisnisnya. Dengan itu tujuan kami menyelenggarakan event ini agar Jawa Timur juga bisa mampu menarik Investors asing bisa terwujud,” tambah Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jawa Timur ini.

Pihak Penyelenggara memprediksi tahun ini Jatim Fair mampu meraup omset hingga Rp 50 miliar, dan diperkirakan acara ini akan dikunjungi 210 ribu warga pengunjung. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang mampu menarik jumlah 193 ribu pengunjung dan menghasilkan omset Rp 47 miliar.

Jatim Fair 2014 sendiri secara khusus memberikan apresiasi kepada Kabupaten Banyuwangi sebagai City of Charm Jatim Fair 2014. Itu ditandai dengan ditampilkannya Tarian Gandrung kesenian adat Banyuwangi, yang mampu menarik perhatian Pengunjung dan tamu undangan awal acara.

Tidak hanya itu, acara yang digelar 11 hari nonstop pada 9-19 Oktober 2014 ini juga menampilkan konser musik dari penyanyi dan band ternama nasional seperti Raisa, Shaggydog, Endah N Resa, Tulus,  J-Rock, Endank Soekamti, Sheila On 7, Glenn Fredly, Tipe-X, Andra & The Backbone, serta Tony Q.

Tak hanya pameran dan live music, di area Convention Hall Grand City lantai 3 juga digelar berbagai lomba dan kompetisi, pemilihan Miss Jatim Fair 2014, festival kesenian budaya daerah, talkshow,  fashion show, pertunjukan musik tradisional, pertunjukan teater, serta Stand Up Comedy.

Naskah : Farid Rahman | Foto : Roesdan Suriansyah