PFI Gelar Pameran Foto Satwa KBS

actasurya.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-721, komunitas Pewarta Foto Indonesia (PWI) bekerjasama dengan pihak Kebun Binatang Surabaya (KBS) mengadakan acara pameran foto bertemakan ‘Save Surabaya Zoo’. Pameran foto ini diselenggarakan tanggal 5-8 Mei 2014 di Gedung V Walk Ciputra World lantai 3, Surabaya.

Pameran foto ini menampilkan hasil foto-foto satwa yang berada di KBS. Terhitung jumlah hasil foto yang ada sebanyak 47 foto dari 37 fotografer. Ketua pelaksana acara ini Ali Masduki berharap dengan adanya pameran ini masyarakat, khususnya warga Surabaya menyadari bahwa KBS merupakan aset Surabaya yang berharga.

“Kita harus sama-sama memuji dan mencintai KBS. Karena KBS merupakan kebun binatang di tengah kota, yang mana koleksi satwanya lengkap,” ujar wartawan Sindo ini .

Untuk persiapannya sendiri, jelas Ali, sudah dilakukan sebulan sebelum acara. Dimulai dari pengumpulan hasil foto setiap anggota minimal 5 buah. Selanjutnya, keseluruhan foto itu diseleksi oleh para kurator. Di antaranya, Becky Subeki dari Jawa Pos, Bahana Patria dari Kompas dan Fully Sjafii dari Tempo Newsroom. “Kami lebih menitikberatkan konteks dan isi ketimbang teknik pengambilan foto,” ujar Ali.

Selain dengan KBS, acara ini juga disupport oleh Ciputra World Surabaya, sebagai fasilitator tempat, kemudian PGN, Percetakan Jayabesar, Semen Indonesia, PTPN dan Telkomsel.

Direktur Operasional dan Umum KBS Liang Kaspe menjelaskan, dengan menyelenggarakan pameran ini agar masyarakat mengetahui sisi lain KBS. “Supaya masyarakat tahu bahwa KBS itu tidak jelek, tetapi masih ada sisi indahnya. Terbukti dengan para satwa yang masih hidup dengan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, pada Sabtu (7/6) diadakan workshop dengan pembicara Nurdin Razak fotografer, bersama Guslan Gumilang fotografer Jawa Pos. “Acara Workshop dibuka untuk umum. Tidak dipungut biaya. Nurdin Razak akan membeda bagaimana memotret satwa di alam liar. Selanjutnya, Guslan Gumilang juga akan membagikan tips dan berbagai pengalamannya dalam pemotretan satwa,” ujar Ali Masduki mengakhiri perbincangan.

BACA JUGA   Makin Gaya dengan Smartwatch

naskah : Septian Anugrah | sumber foto : enciety.co