Peringati Hari Sadar Autisme Sedunia Dengan Karya

actasurya.com – Dalam rangka memperingati hari sadar autis sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April, yayasan ASA (Advokasi & Sadar Autisme) mengelar acara yang bertemakan Art for Autism, siang tadi (2/4) di Atrium Grand City Surabaya.

Dalam acara tersebut menampilkan beberapa karya anak autis yang dipamerkan dan beberapa akan dijual. Vika Wisnu selaku Ketua Pelaksana mengaku, selain untuk memperingati hari autis sedunia, acara ini juga bertujuan untuk memberi pemahaman pada orang tua anak autis agar lebih bisa memahami keadaan anak autis dan untuk mengapresiasi karya penyandang autis.

“Autis itu seperti anak yang telat perkembangannya, ada juga yang baru 4 tahun baru bisa bicara, karena Autis itu sangat kompleks, beragam permasalahannya. Jadi peranan orang tua sangat penting dan perlu kesabaran ekstra untuk mendampingi si buah hati, tidak bisa instan dalam proses terapi yang relatif lama,” kata Vika.

Tidak diragukan lagi bahwa penyandang autis juga bisa berkarya dan tak kalah dengan anak pada umumnya, hal ini dilihatkan dengan beberapa karya seperti lukisan dan penampilan salah satu anak autis yang menunjukkan kebolehannya bermain piano.

Dengan kekurangannya, Yhosef Siagian yang baru berusia 11 tahun dengan mahir memainkan piano dihadapan para tamu undangan. “Penampilannya bagus, tidak menyangka anak sekecil itu yang berbeda dengan anak pada umunya bisa bermain dengan indah. Terhenyut hati saya,” ungkap Febby salah satu pengunjung. Acara Art for Autism sendiri berlangsung selama 1 minggu, dari tanggal 2 hingga 7 April 2013.

naskah dan foto : Rochmawati