Peringati Harganas dengan Pameran Produk Nasional

actasurya.com – Guna  memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-21, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan Pameran dan Gelar Dagang Nasional yang kali ini bertemapat di Kota Surabaya. Acara ini berlangsung sejak  Kamis hingga Sabtu yang bertepatan tanggal 12-14 Juni 2014.

Pameran ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh provinsi se-Indonesia. Tercatat sebanyak 160 stand dari berbagai daerah yang hadir mengisi acara pameran ini.

Ketua Penyelenggaran Grae Tursandi mengungkapkan, event ini bertujuan memamerkan hasil karya serta produk-produk yang dimilki oleh setiap provinsi. Perhelatan ini sudah terlaksana 21 kali dengan konsep yang berbeda.

”Banggalah dengan karya anak bangsa. Dengan adanya pameran ini, masyarakat tahu adanya khas-khas yang dimiliki setiap daerah,” ucap Grace ketika ditemui saat pameran berlangsung, Kamis (12/6).

Jika tahun sebelumnya berada di dalam ruangan, kali ini konsep pameran yang dilaksanakan di lapangan Kodam Brawijaya ini ditempatkan di dalam sebuah tenda raksasa yang memanjang, kemudian seluruh stand dikumpulkan di dalam tenda yang hampir seluas setengah lapangan Kodam tersebut.

Banyak produk-produk khas tiap provinsi yang ikut dipamerkan, bahkan tidak sedikit yang memiliki bentuk unik. Di antaranya, cincin dari Irian Jaya yang terbuat dari daun yang keras, kalung yang ujungnya terbuat dari paruh burung dan masih banyak lainnya.

Acara ini bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berenana Nasional (BKKBN) seluruh Indonesia, sebanyak 110 stand perwakilan BKKBN yang mengisi acara ini. ”Sebagai perwujudan kepedulian  dan perhatian pemerintah dan kita semua dalam upaya menjadikan keluarga sebagai subjek dan obyek pembangunan bangsa,” ungkap Fasli Jalal, Kepala  BKKBN.

Pemkot sendiri memfasilitasi stand gratis yang tersedia untuk setiap perwakilan. Terlepas dari itu, pengunjung yang hadir terlihat sangat antusias. Bahkan, tidak sedikit para ibu yang hadir mengunjungi pameran yang digelar sejak pukul 09.00 ini. “Takjub dengan kerativitas hasil dari kerajinan maupun makanan yang dimilki oleh setiap daerah,” ujar Siti Kholifah, salah satu pengunjung Pameran dan Gelar Dagang ini.

naskah: Lutfi Aminuddin | foto : Wisnu Pryo