Pentas Perdana Angkatan “Kluwuk”

actasurya.com – Generasi baru Teater Lingkar “Kluwung” ramaikan pendopo Stikosa-AWS. Dalam rangka pengukuhan, Senin (8/4), Kluwung menggelar pementasan perdana angkatan dengan menampilkan pertunjukan teatrikal.

Pementasan teatrikal dengan judul Nafsu Dibalik Jeruji,  menceritakan tentang pemerkosaan yang dilakukan oleh polisi terhadap tahanan wanitanya. Poundra Rama Aditya bersama angkatannya, yakni Rizky Fauziah, Julia Ekawati, Fira Alif Sonia, Deni Setiawan, dan Ni Nyoman Galuh mengaku bahwa cerita yang mereka usung merupakan inspirasi dari berita media massa yang sedang gempar-gemparnya saat ini.

“Idenya berawal dari sebuah berita di salah satu media massa tentang pemerkosaan yang dilakukan oleh polisi terhadap tahanan wanita yang terjadi di Poso Sulawesi. Kita juga ingin menampilkan teater yang bernuansa Jurnalistik,” ujar Poundra selaku Sutradara dalam acara ini.

Tidak hanya angkatan Kluwung, namun senior dari teater Lingkar juga unjuk kebolehannya di Pendopo kampus yang dibalut kain hitam di seluruh sudut. Angkatan Gapuro yang menampilkan art body painting dengan judul Kerokan. Dilanjutkan dengan pembacaan puisi karya W.S Rendra yang di bacakan oleh Syarif  Wadja Bae (Tebo) dan perrform art tari oleh angkatan Alang-Alang.

Penampilan yang dimulai pukul 8 malam, menarik antusias mahasiswa yang menonton pementasan perdana tersebut. Hal ini terlihat dari sorak-sorai para penonton yang bertepuk tangan saat menikmati setiap penampilan. “Dari awal ceritanya membuat saya tegang, tapi totalitas dan ceritanya bagus,” kata Tiara Putri, mahasiswa semester 2.

naskah dan foto : Gilang Budi Raharja