Pemenang Kontes Bandeng Gresik Capai 10,5 KG

actasurya.com – Bertempat di halaman parkir Pasar Krempeyeng, Gresik, tradisi turun=temurun Kontes Bandeng kembali diadakan, Rabu (15/7/2015) malam. Acara tahunan ini sukses memutar roda perekonomian peternakan bandeng asli budidaya Kota Gresik.

Jalannya pesta rakyat ini dipimpin langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Muhammad Qosim,  Dihadiri seluruh staf Pemerintah Kabupaten Gresik serta ribuan masyarakat yang menonton hasil Kontes Ikan Bandeng tahun 2015.

“(Ini merupakan) bentuk rasa sujud syukur petani tambak dan melestarikan budaya asli nenek moyang,” ucap Sambari.

Sebanyak enam ekor ikan bandeng dipamerkan sebagai pemenang dalam dua kriteria perlombaan yang berbeda, yakni biasa dan jumbo. Adapun pemenang terdiri dari 4 ikan hasil kontes lelang dan 2 pendukung.

Bersaing dengan bandeng lainnya seberat 6 sampai 7 KG,  ikan seberat 10,5 KG yang dimilki oleh Abdul Hakim, yang bertempat tinggal di Cerme, Gresik, sukses menang telak dalam lelang bandeng yang diadakan saat Pasar Bandeng dibuka.

“Yang pasti budaya ikan bandeng nenek moyang harus dilestarikan, terutama nelayan yang berjuang keras dalam pengembangan budidaya ikan bandeng,” tambahnya

Ribuan pengunjung memenuhi halaman parkir sampai Pasar Bandeng yang bertempat di Jalan Raden Santri hingga Jalan Gurbernur Suryo sejak tanggal 14 sampai 16 Juli ini.

” Acaranya memang meriah seperti tahun kemarin. Semakin banyak yang jualan dan bandengnya semakin banyak segar-segar,” tutur Nur Hadi, pengunjung asal Probolinggo. (N/F: Lutfi)

BACA JUGA   Salah Injak Gas, Avanza Tabrak Pagar Stikosa-AWS