Parade Bunga dan Budaya Semarakan HUT Surabaya 724

actasurya.com – Tepat di bulan Mei, Surabaya mengadakan serangkaian acara guna menyambut HUT Surabaya yang ke-724. Serangkaian acara digelar selama satu bulan penuh untuk memeriahkan acara tahunan tersebut. Salah satu dari serangkaian event itu adalah Parade Bunga & Budaya.

Acara yang diagendakan pada 7 Mei 2017 ini, disambut antusias oleh warga. Start yang berada tepat di depan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya dipenuhi oleh warga yang ingin menyaksikan kemeriahan acara tersebut. Event besar ini dihadiri oleh Walikota Surabaya Tri Risma Harini serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Aksi tari jaranan turut hadir memeriahkan parade bunga dan budaya, dalam rangka HUT Surabaya ke-724.

Dalam sambutannya, sang Walikota berpesan agar warga Surabaya tetap kukuh dalam kesatuan. “Arek-arek Suroboyo! Mari di ulang tahun yang ke-724 ini kita terus bergandengan tangan, bergotong royong, tidak ada lagi perpecahan, permusuhan. Mari kita bersatu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi,” tuturnya sesaat sebelum acara dimulai.

Parade yang diikuti oleh total 75 rombongan ini mendapat tanggapan yang positif dari warga Surabaya dan juga warga dari luar kota Surabaya. Istin Khoifah, salah satu warga yang menyaksikan acara tersebut mengatakan, ”sangat istimewa sih acaranya. Soalnya kita dapat melihat kebudayaan seluruh bangsa Indonesia seperti Maluku, Riau, Bali; semua jadi satu disini,” ucapnya.

Di sisi lain, Ahmad Jauhari, warga asal Kota Gresik berkomentar, ”acaranya bagus sekali ya, dengan banyaknya penonton yang sangat antusias otomatis acaranya ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun mendatang,” tuturnya.

Parade yang diawali di depan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya ini berakhir di Taman Bungkul Surabaya.

Meski terik, antusias warga juga masih terlihat ramai di sekitaran Taman Bungkul.

“Semoga Kota Surabaya semakin lebih baik lagi, hanya masalah kemactean mungkin bisa diatasi, parade budaya seperti ini bisa ditambah moment setahun 2 kali,” harap Jauhari menutup pembicaraan. (N/F : Ardini, Hanim, Esti)