One Vote One Coffee: Apresiasi Berwujud Secangkir Kopi

actasurya.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung serentak pada Rabu, 9 Desember 2015 menjadi momen yang dinanti mayoritas penduduk Indonesia. Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan pesta pemilihan ini, seperti acara One Vote One Coffee yang diadakan di warung Mbah Cokro, Surabaya.

Acara ini adalah bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah menyuarakan hak pilihnya. Selain itu, juga merupakan wujud penghargaan warga negara yang melek politik. Sebenarnya tersedia satu cangkir kopi bagi siapa saja yang datang, namun lebih diutamakan bagi mereka yang menunjukkan bukti bahwa ia telah mencoblos.

“Sebetulnya semua pengunjung boleh gratis kopi. Namun, kami mengapresiasi mereka yang memilih, pun demikian kami menghargai jika atas kesadaran politiknya,” ungkap Mohammad Zurqoni, owner dari warung Mbah Cokro.

Warung yang beralamatkan di Jalan Raya Prapen ini mengaku pertama kalinya menghelat acara untuk menyambut Pilkada. Sedang untuk persiapannya, sudah dilakukan selama beberapa hari menjelang acara.

Diadakannya acara ini semata-mata bukan mendukung satu kelompok atau partai. Tak hanya itu, juga untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat akan kesadaran politik di Indonesia.

Acara baru dibuka pada pukul 18.00 ketika suasana sudah netral. Berbagai dukungan moral pun datang untuk acara tersebut, terutama dari komunitas yang diikuti Zurqoni. “Acara ini lumayan keren sih, kita sebagai warga Indonesia kan juga harus melek politik,” ujar Ari (19), salah satu pengunjung warung Mbah Cokro. (N/F: Dewid)

 

BACA JUGA    Workshop Announcer, Mengenal Lebih Jauh Profesi  Penyiar Radio