Memulai dengan Kejujuran di Ngobras Jurnalistik

“Apakah Anda siap untuk jujur?”

Alih-alih mengetes dengan rentetan pertanyaan ‘mematikan’ layaknya seorang staf SDM mewawancarai pelamar kerja, justru pertanyaan itu yang muncul saat Budi Sugiarto memutuskan bergabung dengan detiksurabaya.com beberapa tahun silam. Menjadi jurnalis, termasuk untuk portal berita atau media online, modal utamanya harus jujur. Jujur dalam memberitakan, jujur menulis angka-nama-jabatan-dan sebagainya, termasuk jujur tidak menerima ‘amplop’.

Budi Sugiarto, atau yang akrab disapa Uglu, mengawali kegiatan Ngobras (Ngobrol Asyik) Jurnalistik yang diselenggarakan Acta Surya, Kamis (24/11) siang, dengan kisah penuh makna itu. Tema yang diusung kali ini adalah “Menjadi Jurnalis Portal Berita : Memulai dengan Kejujuran”. Kisah Uglu di awal itu kemudian berlanjut dengan pengalaman-pengalaman menariknya selama berkiprah di detiksurabaya.com, yang disesuaikan dengan teori jurnalistik.

Sekitar 37 peserta yang hadir siang itu, tampak antusias. Dipandu moderator Hendro D. Laksono yang juga dosen mata kuliah Media Online di Stikosa-AWS, mereka tampak sesekali mencatat dan serius memperhatikan pemaparan Uglu. Pesertanya bukan hanya mahasiswa Stikosa-AWS, tetapi ‘kampus wartawan’ ini juga kedatangan dua peserta dari Wonogiri, Sugiarno dan Rahmat. “Kami dapat info dari Pak Budi,” jawab Sugiarno saat ditanya dari mana ia mengetahui acara yang publikasinya hanya sebatas kampus ini. Mereka berdua merupakan bagian dari infowonogiri.com, sebuah portal berita di Wonogiri.

Ngobrol asyik, berbincang lepas dan santai tentang jurnalistik, memang menjadi konsep utama Ngobras Jurnalistik Acta Surya. Ini merupakan kegiatan rutin mingguan Acta Surya sejak Desember 2010. Menurut Subagus Indra, mantan Pemimpin Divisi SDM Acta Surya, Ngobras Jurnalistik memang ditujukan untuk seluruh mahasiswa Stikosa-AWS. “Dari dulu Ngobras untuk mahasiswa, siapa saja, tanpa harus ikut Acta Surya, boleh gabung. Meskipun selama ini penjadwalannya masih belum rapi,” katanya. Kegiatan ini bisa dibilang salah satu bentuk tanggung jawab Acta Surya sebagai Badan Semi Otonom (BSO), terhadap kampus.

Ngobras Jurnalistik dengan mendatangkan pembicara alumnus AWS yang telah sukses dan lama bergelut di dunia media, baru diadakan perdana pada Kamis lalu. Tujuannya, selain berbagi pengalaman, juga agar mahasiswa Stikosa-AWS lebih mengenal para seniornya yang menjadi pilar kesuksesan di beberapa media massa, di Surabaya maupun kota-kota lain. Kegiatan ini akan digelar rutin dua minggu sekali. “Selama ini jadwal pelaksanaan Ngobras belum rapi. Tapi selanjutnya Ngobras akan kami usahakan untuk digelar seminggu sekali, tapi yang mendatangkan alumni setiap dua minggu. Minggu berikutnya bisa kita isi dengan nonton film atau praktek langsung kejurnalistikan,” Subagus menjelaskan. Dan sekali lagi, siapapun boleh menjadi peserta dalam kegiatan ini.

(Naskah: Icha/ Foto: Abdul Wachid)