Makin Gaya dengan Smartwatch

actasurya.com – Dewasa ini, hiruk pikuk tentang jam tangan pintar (smartwatch) terus merebak dikalangan masyarakat yang selalu memperhatikan lifesyle. Seiring perkembangan jaman teknologi dalam smartwatch juga turut mengikuti trendsetter saat ini.

Gaya hidup masyarakat yang selalu mengenakan arloji (jam tangan) kini sudah mulai tergantikan dengan kemunculan smartwatch. Karena jam tangan pintar ini sudah merevolusi manusia untuk memudahkan mengakses data.

Namun dalam kemunculannya, smartwacth ini  masih belum bisa menandingi smartphone. Tetapi, malah mendukung untuk mengakses smartphonenya dengan menggunakan teknologi layaknya hp yang melingkari pergelangan tangan.

Arloji pintar ini begitu digandrungi sebab begitu fashionable, dan cocok untuk konteks pergaulan. Dengan jam pintar, pengguna sudah bisa melihat notifikasi dan melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain tanpa harus menggunakan handphone, hanya dengan melihat lingkaran yang melilit di tangan.

Sementara itu, alasan terkuat untuk menggunakan smartwatch selain lifestyle adalah yang pertama untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Maksudnya, teknologi terus berkembang pesat tidak mengenal umur, jika memang masi bisa mengikutinya maka itu adalah langkah bijak.

Dengan bertambahnya umur dan kesibukan yang makin besar melanda maka dengan teknologi yang terus diprbarui ini tentunya akan merampingkan pekerjaan yang sedang digeluti saat ini.

Kedua adalah langkah bijak jika memilih jam pitar ini, karena Pada situasi dan kondisi tertentu, merogoh smartphone dari saku untuk melihat update terbaru sering dianggap sebagai perilaku buruk. Dengan memakai smartwatch, penggunanya bisa diam-diam dapat memeriksa pesan dan pemberitahuan yang masuk tanpa diketahui orang lain.

Atau jika penggunanya berada dalam situasi sulit dimana sangat tidak ideal untuk berbicara atau menggunakan telpon, maka akan punya jalan keluar yang baik tanpa menyinggung partner bicara. Bolak-balik menggunakan ponsel saat berada dalam satu perbincangan sepertinya terlalu kasar, dan bisa membuat dahi orang sekeliling Anda berkerut.

Ketiga diharapkan penggunanya dapat Selalu terhubung, artinya Jika orang yang merasa perlu untuk selalu terhubung dengan teknologi dan informasi, baik karena alasan pekerjaan ataupun gaya hidup, maka smartwatch akan menawarkan semua yang bisa ditawarkan oleh smartphone namun dengan cara yang lebih praktis, mudah dan elegan.

Trendsetter juga menjadi alasan yang ke empat untuk memilih arloji canggih ini. Jika penggunanya adalah orang yang inovatif, atau pun punya hasrat untuk menjadi orang pertama yang memiliki gadget terbaru, atau suka bercerita pada orang lain tentang pengalaman menggunakan item tertentu, maka ini juga alasan kuat bagi Anda untuk membeli smartwatch.

Hal inilah yang juga telah dirasakan oleh mahasiswa Stikosa-AWS, Roesdan Suriansyah. Sebagai pengguna jam cerdas ia mengungkapkan bahwa smartwatch kini menjadi kebutuhan, dan juga akan menjadi sebuah lifestyle karena penggunaannya yang memiliki banyak kelebihan ketimbang jam tangan biasa.

“Biasanya memakai smartwatch untuk mengganti lagu, tanpa harus membuka hp,” terangnya.

Dengan adanya koneksi yang terhubung ke hp, Roesdan menjelaskan bahwa dalam perkembanganya saat ini kedudukan smartwatch akan menggantikan arloji yang fungsinya hanya sebagai melihat jam saja.

“Menggunakan smartwatch semua dapat lebih mudah, dengan hanya dikoneksikan dengan Hp kita bisa melihat notifikasi yang masuk ke hp tanpa harus membuka hp, dengan cukup melihat jam tangan saja kita sudah tau,” tegasnya.

Cuma dalam kelebihannya yang semacam itu jam tangan cerdas ini yang membuat kalah sama arloji biasa hanyalah dengan batrei saja. Smartwatch masih membutuhkan cas seperti handphone pada umumnya.

Naskah : Hrs | Foto : google