Lampu Kamar berkarakter Kartun Dari Kertas Bekas

actasurya.com – Berkreasi untuk terus membuat anak-anak kecil selalu tersenyum, sepertinya tidak harus selalu dengan barang-barang yang mahal. Seperti yang dilakukan Agus Suharsono, pria asal Nganjuk ini memanfaatnkan kertas bekas, benang woll dan beberapa kain flannel warna-warni untuk membuat lampu kamar dengan karakter kartun.

Lampu kamar yang berbentuk bulat yang di dalamnya berisi lampu bolam kuning dan dihias dengan karakter-karakter kartun seperti Hello Kitty, Doraemon, Kucing, Keroppi, dan beberapa logo club sepak bola ia produksi. Menggunakan mobil Sedan tuanya, pria yang kini berusia 45 tahun menjajahkan ke kota-kota sekitar Jawa Timur, seperti Malang, Batu, Surabaya, Blitar.

“Saya membuat sesuatu yang sederhana untuk bias dijual, namun tetap disukai anak kecil maupun remaja dengan karakter kartun dan club sepak bola,” ucap pria yang sudah 5 tahun menjalani profesi sebagai penjual lampu hias

Awalnya, Agus akan menghancurkan kertas kain dalam ember berisi air sebagai bahan dasar untuk membuat lampu kamar yang sederhana ini. Selanjutnya, rakitan berbentuk bulat sebagai cetakan yang terlebih dahulu dilumuri lem. Setelah kertas dirasa hancur, kertas akan dibentuk bulat dan dicampur dengan benang woll, dan proses terakhir menambahkan hiasan berbentuk karakter kartun dari kain flannel.

Agus mengawali karirnya dengan penuh perjuangan, menjajahkan barang dagangannya sambil berjalan kaki berkeliling kampung di kota Yogyakarta selama 3 tahun. Namun, sekarang Agus sudah bisa menuai hasil, pendapatan 3 juta per produksi dengan modal 500 ribu.

Seperti yang dikatakan salah satu pembeli, ia merasa senang bias membelikan anaknya lampu kamar yang lucu dengan harga yang murah. “Bagus dan lucu-lucu, pembbuatnya kreatif membuat bermacam gambar dan bentuk. Walaupun harganya Cuma 40 ribu, tapi sudah bikin anak saya senang,” tutur Ahcmad Aryanto.

naskah | foto : Lutfi Aminudin