Kesiapan Perpusda Jelang Kompetisi

actasurya.com – Satu hari menjelang pelaksanaan Kompetisi Implementasi Baca, perpustakaan daerah Kabupaten Sidoarjo semakin matang. Puluhan hadiah dan berbagai atribut telah terpasang.

Kompetisi yang di tujukan untuk pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Sidoarjo ini, akan diikuti oleh masing-masing tim yang terdiri dari tiga siswa yang mewakili kecamatannya. Rencananya hari ini, (1/3) peserta telah mendatangi perpustakaan pada pukul 10.00 WIB.

Sementara, tamu undangan yang telah dipastikan akan hadir dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Kemenag, dan UPTD masing-masing  kecamatan.

Peserta dari masing-masing tim akan di suguhkan buku biografi sepuluh pahlawan Indonesia. Dalam waktu 25 menit peserta diberi kesempatan untuk membaca buku tersebut.  Nantinya akan dipresentasikan di hadapan juri. Selain itu, juri juga akan melontarkan pertanyaan yang memiliki bobot tinggi seputar pengetahuan dari pahlawan yang telah dibaca.

Buku biografi pahlawan ini dipilih karena pelajar  saat ini dirasa sudah mulai berkurang rasa kebangsaan dan rasa patriotismenya. Maka juga digalakkan dengan membaca biografi dari tokoh pahlawan.

Pada kompetisi yang telah rutin digelar setiap tahun ini, nantinya akan ditentukan juaranya untuk mewakili Sidoarjo ke tingkat provinsi.  “Kita adakan untuk mencari bibit mewakili sidoarjo. Belum tentu dari sekolah favorit mampu mewakili Kabupaten ini di tingkat provinsi. Jadi harus benar-benar siswa yang berkualitas,” jelas Nyonik Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Dewan juri yang akan menguji peserta ialah Sukarno seorang budayawan Sidoarjo, dan dua orang dari Badan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur.

Menunjukkan kesiapannya dalam ajang kompetisi tersebut, Nyonik selaku ketua pelaksana angkat bicara. Ia menyatakan dengan tegas dan mengakui kesiapannya. “Persiapan kita sudah 99 persen. Semoga saja besok tidak hujan,” tutupnya.  (N/F: Wawan)

BACA JUGA   Suara Iwan Fals Untuk Negeri