Jombang Peringati May Day Tanpa Unjuk Rasa

imageactasurya.com – Jumat (1/5/2015). Di Jombang  peringatan Mayday atau Hari Buruh Sedunia diperingati dengan cara berbeda. Ratusan buruh mengikuti jalan sehat yang digelar Kantor Dinsosnakertrans (Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi), dalam acara tersebut, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko juga turut berbaur dengan para buruh.

Sejak pukul 06.30 pagi para buruh sudah memadati perempatan Kebonrojo Jombang atau depan Kantor Dinsosnakertrans setempat. Tak ada satu pun spanduk atau poster tuntutan yang terpampang. Para buruh juga tidak menggunakan pengeras suara. Mereka hanya mengenakan pakaian olahraga.

Kegiatan Jalan sehat dalam rangka peringatan Mayday itu dilepas secara langsung oleh Bupati Nyono. Begitu bendera start dikibarkan, para peserta mulai  menyusuri rute yang telah ditentukan. Animo buruh untuk mengikuti acara tersebut cukup tinggi. Maklum saja, hadiah yang disuguhkan cukup menggiurkan. Mulai hadiah hiburan seperti kipas angin, sepeda gunung, hingga hadiah utama berupa sepeda motor.

Orang yang beruntung dalam acara jalan sehat itu adalah Karsinah (30), buruh PT MPS Ploso Jombang. “Alhamdulillah, saya senang Mayday ini saya dapat rezeki sepeda gunung, ini untuk anak saya,” ujar Karsinah, sembari mengangkat hadiahnya.

Menurut Karsinah kegiatan seperti ini jauh lebih postif ketimbang melakukan aksi unjuk rasa. Hal senada juga disampaikan Yaumi Tasu’ah “lebih baik begini dari pada unjuk rasa. Kalau ada permasalahan kan bisa dimusyawarahkan. Kita kan sudah punya wadah serikat buruh” ucap buruh PT Peihei ini. “Unjuk rasa tak menyelesaikan masalah,” tambahnya.

Meskipun begitu, Karsinah juga berpesan agar Pemerintah lebih memperhatikan lagi tunjangan kesehatan dan nasib buruh outsorcing.(N/F: Farid)

BACA JUGA   JTF 2019 Sajikan konsep Baru Menikmati Festival Musik