Hoki yang dilatih KONI

actasurya.com – Setelah berkembangnya cabang olahraga hoki di Gresik, kini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memberi perhatian intensif pada cabang olahraga ini. Misalnya saja mereka akan memberi pelatihan khusus selama setahun kedepan. Hal ini dikarenakan prestasi yang dihasilkan oleh putra daerah dalam menjuarai hoki tingkat nasional sudah tidak diragukan lagi.

Usai mempertahankan gelar juara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di tingkat pelajar hingga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), KONI makin mantap dan serius dalam membina tim hoki. “Kenapa tidak di dukung selama membawa nama baik kota Gresik, apa lagi itu hasil didikan asli anak Gresik,” ucap Samsul Arifin.

Bukan tidak menghilangkan Cabang Olahraga (Cabor) yang lain, namun Cabor satu ini menjadi tenar sejak kemunculannya dua tahun lalu. Saat itu hoki langsung menjadi juara dan mempertahankan gelar di kanca nasional. “Kami akan bantu selama itu menjadi tahapan baik terutama ke depan Gresik menjadi tuan rumah  porprov,” tambahnya.

Apa yang dihasilkan oleh hoki selama ini menjadi bukti dalam prestasi kota Gresik. KONI tidak menganggap olahraga lainnya yang ada di Gresik tidak berprestasi. Namun, dari sekian banyak cabang olahraga yang baru berdiri, hoki menjadi yang paling banyak diminati terutama oleh kalangan pelajar.

Pelatih hoki, Habib Rohim mengaku bangga, apalagi sejak menjuarai dan bertambah banyaknya peminat. “Sangat bahagia sejak dikabarkan akan di dukung penuh oleh koni terutama koni pengurus olahraga gresik” ujar pelatih yang sekaligus menjadi pengurus hoki Gresik.

Tak melulu berjalan mulus, tentu masih ada faktor yang menghantui para pemain hoki. Salah satu permasalahannya adalah minimnya lapangan untuk berlatih. KONIpun berpikiran sama bahwa lapangan standar masih belum ada di Gresik. Sedangkan olahraga hoki kini menjadi salah satu olahraga yang tak asing di masyarakat kota Pudak.

“Tentu lapangan yang sangat minim dan hampir tidak ada di Gresik,” ujar Samsul Arifin.

Kabarnya, akan ada beberapa tempat yang nantinya menjadi home base atau tempat latihan hoki. Namun hal ini masih sebatas wacana. Di Menganti sendiri, sudah ada tanah yang akan menjadi tempat latihan Cabor hoki, yang sebelumnya selama ini para atlet hoki berlatih di GOR futsal Menganti dan Gresik.

KONI berharap bisa mambuat fasilitas sampai di Kabupaten Gresik, ataupun tidak hanya di menganti saja. Pasalnya kebanyak atlet yang turun di laga tingkat nasional kebanyakan para pelajar daerah Menganti. KONI pun juga ingin gedung latihannya memiliki standar nasional.

“Tentu KONI berharap semoga bisa sampai di Kabupaten Gresik, karena semakin banyak atlet semakin banyak juga pencapaian yang bisa didapat serta regenerasi. Semoga menjadi lapangan standar yang bisa menerima segala bidang olahraga,” ujar wakil kepala KONI.(N/F: Lutfi)