Gus Ipul Pantau Gerhana Bersama Masyarakat Jatim

actasurya.com – Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf ikut menyaksikan proses Gerhana Matahari melalui Teleskop Explore Scientific ED 80mm milik Lembaga Falakiyah PWNU Jatim.

Berada tepat di halaman Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) Rabu pagi (9/3), Gus Ipul bersama masyarakat Jatim takjub melihat kemajuan teknologi Teleskop masa kini. “Kalau dulu mau nonton Gerhana Matahari harus diinceng. Tapi sekarang lebih mudah. Dapat lihat dari layar teleskop,” kata Wagub Jatim sembari melihat gerhana matahari.

Sementara di pelataran masjid, ribuan masyarakat Jawa Timur sangat antusias ingin menyaksikan lebih jelas fenomena Gerhana Matahari di Surabaya.

Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M.Noor telah memfasilitasi masyarakat yang ingin menyaksikan proses bulan yang menutupi matahari ini. “Kami telah menyiapkan 4 layar lebar dan 4 LED 54 inc di sejumlah titik strategis bagian masjid,” jelasnya pada actasurya.com.

“Teleskop juga biasa dipakai untuk keperluan Astrofotografi dan melihat rukyatul hilal pada tiap awal bulan hijriyah. Terutama saat untuk menentukan awal Ramadhan, awal Syawal (Idul Fitri), dan awal Dzulhijjah (Idul Adha),” imbuh Helmy.

Setelah merasa cukup menonton fenomena ini, Gus Ipul bersama Masyarakat muslim melakukan salat gerhana berjamaah dengan Khatib dan Imam, KH Abdusshomad Buchori imam besar Masjid Al-Akbar yang juga menjabat sebagai ketua MUI Jatim. (N/F : Wawan)