Gerakan Pungut Sampah Di Tengah Aksi Massa

Sejumlah anggota Sea Soldier ikut menyampaikan aspirasinya dengan cara memungut sampah di depan gedung DPRD Provinsi Jawa Timur saat terjadi aksi unjuk rasa (26/9).

Aksi demonstrasi aliansi sipil dan mahasiswa yang berlangsung di Surabaya, Kamis (26/9), sempat memadati  Jalan Indrapura dari siang hingga sore hari. Aksi #surabayamenggugat itu berisi massa dari kalangan mahasiswa, buruh, petani, bahkan pelajar Sekolah Tinggi Menengah (STM) pun juga ikut aksi. Tak bisa dipungkiri banyaknya massa demo berimbas banyaknya sampah yang bertebaran di areal aksi.

Atas kondisi itu, dari sekian kelompok yang memiliki inisiatif menjaga kebersihan areal demo, terdapat kelompok Sea Soldier, sebuah gerakan anak muda yang peduli dengan lingkungan. Sea Soldier hadir di tengah kerumunan demonstran untuk mengingatkan tentang sampah bawaan,  Tak hanya itu Sea Soldier juga memungut sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Indrapura.

“Kami datang ke sini itu ya untuk menjaga lingkungan, kami di sini juga ikut menyampaikan aspirasi untuk tetap mengumpulkan dan membuang sampah pada tempatnya, ” ujar Budi Satria salah satu anggota Sea Soldier.

Kelompok Sea Soldier berharap dapat menginisiasi pengunjuk rasa yang didominasi oleh mahasiswa agar tergerak hatinya untuk tetap menjaga kebersihan di sekitarnya.

“Kita sebagai mahasiswa saat turun ke jalan, kita juga harus tetap jaga kebersihan. Meskipun tidak bawa tumbler saya masih menyimpan sampah saya, ya karena tidak ada tempat sampah di area sini, ” ujar Angfang mahasiswa Universitas Airlangga.

Meski  sangat mustahil jika ribuan pendemo yang datang, masing-masing bisa mengerti dan sadar dengan kebersihan lingkungan, namun Budi tetap berpesan agar tetap menjaga lingkungan 

Save nature, nature save us. Jaga lingkunganmu, lingkunganmu pasti akan menjaga engkau, ” begitulah pesan singkat yang disampaikan oleh Sea Soldier saat didatangi saat berada di tengah kerumunan pendemo. (N/F : ada)