‘Foto Street’ Dokumentasi Ruang Publik

actasurya.com – Mengusung tema ‘Foto Street’, Kartini Collection bekerjasama dengan Intiland menggelar Seminar Fotografi Street dalam acara Mooi Indie, di Gedung Spazio Surabaya, Selasa (07/10).

Acara yang telah sukses diadakan di dua kota, Jakarta dan Bali ini, dihadiri oleh beragam kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai profesional. Bersama Agus Leonardus, acara tersebut berlangsung sekitar tiga jam. Dengan memilih tema tersebut, seminar ini bertujuan untuk mendokumentasikan apa yang sedang terjadi di ruang publik.

“Acaranya bagus. Melalui acara ini, saya bisa mengetahui foto jaman dulu itu seperti apa, seperti diajak kembali ke masa lalu. Pematerinya juga hebat,” komentar Nizar Zulhilmi, salah satu pelajar, yang mengukai dunia fotografi.

Selain seminar, juga terdapat pameran foto yang bertajuk ‘Potrait of Life’, yang berlangsung selama sembilan hari (03-12/10). Foto-foto yang dipamerkan merupakan karya Jean Demmeni yang dikumpulkan sejak awal zaman Hindia Belanda, pada abad ke 20. Hal tersebut yang menbuat pengunjung pameran terbawa ke masa lalu.

“Melalui mata Jean Demmeni, kita dapat kembali membina hubungan masa lalu,” ungkap Cosmas Batubara, Komisaris Utama PT. Intiland Development Tbk.

naskah dan foto: Adek Dharma Santoso