Darurat Asap Kalteng Ganggu Rute Penerbangan

actasurya.com – Kebakaran hutan tidak hanya terjadi di Riau. Kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan juga menyelimuti sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah. Bahkan sudah memasuki kategori darurat, Ini mengakibatkan jadwal penerbangan terganggu.

Sejumlah rute penerbangan dari dan menuju Bandara Udara Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah terpaksa ditunda lebih dari 8 jam dari jadwal yang seharusnya. Rudi antono, petugas bandara iskandar menyebutkan setidaknya ada 9 penerbangan yang ditunda.

“Asap pekat jelas sangat mengganggu rute penerbangan, terpaksa demi menghindari hal hal yg tidak diinginkan beberapa rute di tunda dan bahkan semua penerbangan kemarin (16/9) gagal berangkat,” ujarnya

Dia menyampaikan setidaknya untuk hari ini ada sembilan penerbangan dari dua maskapai yakni kalstar dan trigana air yang mengalami keterlambatan jadwal dari yg seharusnya. Calon penumpang pun terlantar menunggu kepastian jadwal terbang.

Tercatat sejak Januari 2015 hingga berita ini dilansir, titik api mencapai 1.291 lokasi. Khusus pada bulan Agustus, meningkat mencapai 800 titik atau naik 30% dibanding Juli 2015. (N/F: Indra)

BACA JUGA   Sosialisasikan PON Remaja Lewat Turnamen SIWO