Bonie Si Rocker

actasurya.com – Berbadan tambun, berambut kribo, berwajah garang, dan hampir selalu bernuansa hitam dalam setiap penampilannya. Bagi para pecinta musik khususnya yang beraliran rock nampaknya tak akan asing jika melihat sosok dan mendengar namanya.

Bima Arya Nugraha, yang biasa disapa Bonie merupakan gitaris dari band Rock n Roll beraliran Metal Rock bernama My Mother is Hero ‘MMIH’, dan band aliran Glam Rock bernama Kraken. Kedua band yang beraliran hampir mirip ini telah mengantarkan namanya di kancah musik nasional.

“Dulu bikin MMIH itu awalnya karena iseng,” ungkap mahasiswa Stikosa-AWS angkatan 2012 ini. Menurutnya, pada saat itu musik beraliran ‘Rock n Roll’ sedang berada di puncaknya. Sehingga Bonie beserta teman satu SMA-nya berinisiatif membuat suatu band yang beralian sama.

“Rock itu musik yang paling jujur. Tidak asal nggenjreng,” jawab pria yang hobi bermain games ini ketika ditanya mengapa memilih musik rock sebagai alirannya.

Prestasi Bonie dalam dunia musik Rock patut diacungi jempol. Pada 30 Maret 2013 kemarin, sosok Bonie tampil di layar tv nasional sebagai gitaris Kraken, untuk mengisi acara Konser Radio Show Movement. Kraken sendiri tampil sebagai salah satu pemenang lomba, kategori musisi jalanan.

Selain di Kraken, Bonie bersama band MMIH-nya juga tak kalah mengukir prestasi. “Dulu pernah jadi best new comers tingkat Surabaya oleh radio Prambors,” ungkap pria kelahiran tahun 1991 ini.

Bonie mengaku, saat SMP dulu ia tidak bisa memainkan gitar sama sekali. Ketika ia dibelikan satu set gitar listrik dan amplifier, kemudian ia menimba ilmu musik di Purwacaraka selama satu tahun. Dan setelah memahami dasarnya, Bonie memutuskan untuk belajar dengan cara otodidak.

Selain gitar, Bonie juga bisa memainkan alat musik lain. “Aku bisa main drum, bass, piano juga, tapi dasarnya aja,” ungkap pecinta Sheila on 7 ini.

Menjadi terkenal, tentunya tidak semudah orang menjentikkan jari. Selain proses menuju ketenaran yang harus ditempuh, tahap setelah ‘memiliki nama’ pun juga harus dihadapi dengan lebih sabar.

“Pernah waktu itu aku mau diajak berantem sama orang karena mukaku sengak. Terus pernah juga karena vokalis band MMIH itu ngomong lu-gua, ada beberapa orang yang mempermasalahkannya. Tapi untungnya waktu itu enggak jadi berantem. Kita sama-sama damai,” kenang Bonie.

Bagi para personel band rock pemula yang ingin mengepakkan sayapnya lebih lebar, Bonie yang telah banyak memakan asam garam membagikan sedikit tips singkatnya. Menurutnya, ada baiknya jika para pendatang baru itu memilih dandanan yang pas dan tidak melenceng jauh dari konsep band itu sendiri. “Perhatikan package. Sesuaikan tampilan dengan aliran musik,” tutupnya.

naskah :  Amalia Irawati | foto : Dok. pribadi