96 Tahun Padamkan Kebakaran Kota Pahlawan

actasurya.com – Bertepatan HUT Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya ke-96 mengadakan upacara peringatan, Selasa (3/3). Bertempat di balai kota, upacara yang dilaksankan pagi tadi pukul 07.30 WIB dipimpin langsung oleh Tri Rismaharini, selaku inspektur upacara. Upacara ini dihadiri tak kurang dari 200 personil pemadam kebakaran.
Dalam upacara tersebut juga dilakukan simulasi penanganan dan penyelematan korban bencana kebakaran. Tercatat Damkar Surabaya mengerahkan beberapa unit tim, diantaranya tim Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD) terdiri dari personil baruna srikandi, tim rescue, tim huru-hara, dan tim logistik.
“Saat ini bersama Pemeritah Kota Surabaya, kami terus melakukan perubahan baik dalam hal armada maupun personil pemadam kebakaran,” kata Chandra Oratmangun, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya
Menginjak usia hampir seabad Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya terus melakukan reformasi dalam pengadaan armada. Salah satu upayanya dengan membeli satu unit mobil Bronto Sky Lift empat bulan silam.
Satu-satunya unit yang digadang-gadang tercanggih dari seluruh armada mobil yang dimiliki oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya ini, mempunyai fungsi guna menyelamatkan korban kebakaran yang terjebak dalam gedung bertingkat.
“Mobil ini saya adakan setelah saya terjun langsung dalam penanganan korban kebakaran dan melihat langsung kesulitan para petugas untuk menembus gedung-gedung bertingkat ” ungkap Risma
Menurut Chandra saat ini total unit mobil yang dimiliki dinas pemadam kebakaran berjumlah 52 unit yang tersebar di 4 UPTD dan 15 posko pembantu.
“Selain itu, untuk situasi tanggap darurat bencana tidak hanya terfokus pada pemadam kebakaran saja, kami juga telah menyediakan sepeda motor untuk linmas di lima wilayah Surabaya. Tujuannya supaya linmas cepat menyentuh langsung lokasi bencana, dan juga kami meyediakan satu unit perahu karet di setiap wilayah untuk bencana banjir,” jelas Risma.

Naskah & Foto : Poundra