600 Peserta Meriahkan Jambore Sepeda Ontel

actasurya.com – Memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-721, komunitas sepeda ontel kuno menggelar Jambore Sepeda Ontel se-Jawa Timur, Minggu (1/6). Acara ini diikuti sekitar 600 peserta, mulai dari kota Surabaya, Mojokerto, Jombang hingga Kertosono, yang memenuhi sepanjang jalan Gelora Sepuluh November.

“Selain untuk memperingati ulang tahun Surabaya, acara ini bertujuan melestarikan sejarah sepeda ontel, agar para remaja saat ini tidak melupakannya,” jelas Gusti, Ketua Pelaksana.

Setiap tahun komunitas ini mengusung konsep yang berbeda. Jika sebelumnya mengangkat tema pahlawan, tahun ini mereka memilih memperkenalkan sepeda ontel kuno sebagai konsep utama.

Selain itu, kreatifitas yang ditampilkan para peserta Jambore juga tak kalah menarik, mulai dari berkostum perjuangan, mengusung adat Papua hingga bernuansa horor. “Dengan berkostum seperti ini, saya dan kawan-kawan menggambarkan suasana jaman dulu, ketika berjuang mempertaruhkan nyawa demi bangsa,” ujar Deni, Ketua Komunitas Paksakera.

Di samping itu, dalam acara tersebut juga terdapat pameran foto, senjata tua dan motor tua, yang digunakan semasa penjajahan. “Acara ini memang bagus untuk generasi muda, agar tidak buta akan sejarah,” tutur Muklis, warga Surabaya.

naskah: Lutfi Aminudin | foto: Wisnu Priyo

BACA JUGA   Polemik Internal BEM, Inanda : Kebetulan Aja Pas Periodeku