Rahmat di Masjid Rahmad

Sebuah masjid di Kembang Kuning, memiliki kisah tersendiri. Konon, karena lama tinggal di pengasingan, Samputoalang atau Raden Rahmat atau Sunan Ampel, mendirikan sebuah masjid di tengah hutan belantara. Tepatnya, dibangun di daerah pertengahan Kademangan Cemoro Sewu, di tengah-tengah kawasan Ampel Dento atau Kembang Kuning.

Masjid itu dibangun pertengahan abad ke-15. Karena didirikan oleh Samputoalang atau Raden Rahmad, masjid itu pun bernama Masjid Rahmatullah. Tuanya usia, membuat masjid Rahmatullah dipercaya sebagai masjid tertua di Jawa Timur. Tidak ada catatan sejarah mengenai hal ini.

Yang menarik, proses pendirian masjid pun diselimuti oleh kisah cinta. Ceritanya, Nyai Karimah, putri salah satu tokoh setempat bernama Ki Demang Wiro Soerojo, sering mengantarkan makanan. Biasanya, Nyai Karimah datang saat waktu istirahat tiba.

Karena seringnya bertemu dengan Samputoalang, timbullah ketertarikan di antara keduannya. Mereka pun menikah dan dikaruniai dua orang putri yang diberi nama Siti Murtosima dan Siti Murtosiah.***

Naskah : Siska Pradibka | Foto : Dhimas Prasaja