Pertahankan Budaya Bangsa Melalui Festival Seni Nusantara

actasurya.com – Setelah mengundang antusias tinggi pada tahun lalu, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan acara serupa. Betajuk ‘Membangun Insan Seni yang Kreatif, Berkarakter, Mandiri, dan Berdaya Saing Global’, Festival Seni Nusantara digelar selama tiga hari (09-11/10), di Gedung Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur.

Festival yang digagas untuk mempertahankan budaya bangsa ini menampilkan 10 Penyaji dari 10 Provinsi. Di antaranya; DKI Jakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Daerah Istimewa Yogyakarta, jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kancet Ubaq Lelan merupakan salah satu karya dari Kontingen Provinsi Kalimantan Timur yang menarik puluhan mata pennonton. Lewat karya Drs. H. M Guntur, Msi, para penonton diajak untuk mengenal lebih dekat Kalimantan Timur, dengan tarian khas bertema ‘Mistik’.

“Sebenarnya kita sebagai pelaku seni tidak pernah puas, walaupun penonton merasa puas, ya kami bersyukur,” ungkap Ahmad Rizal, ditemui seusai kontengen Kalimatan Timur tampil.

naskah dan foto: Adek Darma Santoso

BACA JUGA   Kotak Kecil Untuk Lombok