Wayang Thengul Kesenian Khas Bojonegoro

actasurya.com – Wayang merupakan kesenian asli Indonesia, dimana keberadaannya sudah diakui dunia dan tersebar diberbagai daerah. Salah satunya di kabupaten Bojonegoro.

Wayang Thengul namanya, kesenian wayang tradisional yang khas ini berasal dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Wayang Thengul terbuat dari kayu berbentuk tiga dimensi, sehingga hampir mirip dengan Wayang Golek.

Istilah Thengul berasal dari kata methenteng terus methungul, yang artinya adalah karena wayang ini terbuat dari kayu maka dalang harus methenteng (menggunakan tenaga ekstra) untuk mengangkat agar wayang dapat methungul (muncul) di hadapan penonton.

Wayang Thengul sendiri biasa mengangkat cerita rakyat seperti cerita Wayang gedhog (cerita kerajaan majapahit), dan Wayang menak (cerita panji serta cerita para wali). Selain itu, ada juga yang menceritakan cerita Serat Damarwula.

Untuk bentuk karakter wayang,  biasanya disesuaikan dengan cerita yang diangkat dan setiap tokoh memiliki ciri khas tersendiri. Selain bentuk karakter tokoh, suara setiap tokoh pun berbeda – beda.

Sama dengan wayang lainnya, kemampuan Dalang (yang memainkan wayang) dalam memainkan cerita dan suara wayang menjadi unsur terpenting dalam suatu pertunjukan wayang.  Dalam pertunjukan Wayang Thengul ini diiringi oleh Sinden dan iringan musik gamelan jawa dengan laras slendro (tangga nada) yang menjadi ciri khas gamelan Jawa Timur. (N/F: Amanah/Rohmat)