Terlalu Banyak Mengkonsumsi Air Putih Dapat Menimbulkan Penyakit ? Ini Penjelasannya

actasurya.com – Asupan air putih tentu sangat diperlukan bagi tubuh kita. Pola minum air putih sehari delapan gelas setiap hari pun dianjurkan untuk tubuh kita.

Sepertinya belum banyak yang tahu,  terlalu banyak minum air ternyata dapat membuat tubuh sakit bahkan meninggal dunia. Hal itu dikarenakan kapasitas ginjal kita terbatas. Terlalu banyak minum air hingga melebihi 1 liter per jam akan membuat tubuh kelebihan cairan alias overhidrasi.

Efeknya bukan cuma sering buang air kecil, tapi juga dapat mengakibatkan beberapa hal fatal seperti berikut :

1. Tingkat Sodium Abnormal (Hyponatremia)

Kandungan sodium dalam darah mempengaruhi fungsi elektrolit, yang bertanggung jawab mengirimkan sinyal pada sel yang mengendalikan beberapa fungsi tubuh. Nah, minum terlalu banyak air akan membuat ginjal Anda bekerja terlalu keras sehingga tidak bisa menjaga keseimbangan tingkat sodium dalam darah. Akibatnya, elektrolit berhenti mengirimkan sinyal seperti seharusnya.

Gejala yang akan Anda rasakan saat tingkat kandungan sodium di dalam darah menurun adalah:

● < 120 mm per liter: Mual, muntah, kelelahan, dan sering buang air kecil.

● < 110 mm per liter: Ditambah dengan kebingungan dan keram otot.

● = 90-105 mm per liter: Awalnya akan terasa seperti sangat mengantuk, tapi bisa berujung pada koma.

Peralihan dari gejala ringan menuju berat bisa terjadi sangat cepat bila Anda minum banyak air dalam waktu dekat atau sudah memiliki masalah pada ginjal dan jantung.

2. Tingkat Potasium Abnormal (Hypokalemia)

Kelebihan cairan tubuh juga bisa menurunkan tingkat potasium dalam darah, dan menimbulkan gejala seperti muntah, tekanan darah rendah, mual, diare, hingga kelumpuhan. Gejalanya bisa semakin parah kalau Anda terlalu banyak minum air berbarengan dengan konsumsi obat anti-diuretik atau sedang melakukan kegiatan fisik berat.

3. Edema Otak

Minum air memang bisa membantu ingatan dan fokus, tapi minum terlalu banyak air justru akan memberikan hasil yang sebaliknya. Menurut Wolfgang Liedtke, seorang ahli syaraf klinis di Duke University Medical Center, ukuran sel otak bisa membesar karena menyerap kelebihan air dari dalam darah. Karena bagian dalam tengkorak kepala sangat sempit, kondisi ini akan membuat seseorang mengalami sakit kepala, kejang, cidera otak, herniasi batang otak, masalah pernapasan, koma, bahkan kematian.

4. Merusak Ginjal

Glomeruli adalah area kapiler di ginjal yang bekerja sebagai stasiun penyaring untuk menyaring racun dan mengeluarkan cairan berlebih dari dalam tubuh. Terlalu banyak minum air (> 1 liter/jam) membuat sistem ini kesulitan untuk bekerja dengan maksimal dan akan merembet pada berbagai gangguan kesehatan lain. Anda yang sebelumnya sudah mengalami masalah ginjal, harus lebih berhati-hati dengan overhidrasi, karena bisa berujung pada penyakit ginjal kronis serta meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler.

5. Kram Otot

Seperti sudah disebutkan tadi, terlalu banyak minum air akan menurunkan tingkat elektrolit dalam tubuh Anda. Nah, ternyata ketidakseimbangan cairan ini juga bisa menyebabkan kram otot, terutama bila Anda terlalu banyak minum air saat sedang melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti berolahraga. Konsumsi air normal untuk wanita adalah 2,2 liter per hari dan pria sebanyak 3 liter per hari, tapi boleh diperbanyak saat dalam kondisi tertentu, seperti olahraga, hamil dan menyusui, demam, atau sedang memulihkan diri dari sakit.

Nah itulah tadi, beberapa akibat jika kita terlalu banyak mengkonsumsi air putih. Alangkah lebih baik jika kita tetap waspada terhadap berbagai gejala seperti di atas tadi. Semoga bermanfaat yaa 🙂 (N/F : Amanah,Andhi /Google)