Tampilan 3D di Ponsel Terbaru LG

LG Optimus 3D Android P920 merupakan ponsel 3D terbaru dan tergolong perangkat yang revolusioner. Di balik spefikasi kelas atas, tersaji fitur tiga dimensi yang belum banyak dijumpai pada ponsel di kelasnya.

Menikmati konten 3 dimensi (3D) dengan menggunakan kacamata khusus mungkin merupakan hal biasa, tapi tanpa kacamata itu memang luar biasa, terlebih lagi untuk sebuah ponsel. Era ponsel 3D tampaknya bakal dimulai dengan kehadiran LG P920, atau yang akan dikenal sebagai Optimus 3D. Ponsel ini tidak hanya mampu menampilkan video dan foto dalam modus 3D tapi juga mampu membuat konten tersebut. Selain itu, masih banyak fitur yang ditawarkan, apa saja?

Performa LG P920 LG Optimus 3D memang menarik, namun yang tidak menggunakan layar dengan embel-embel AMOLED atau NOVA display seperti Optimus Black. Meski begitu tipe ini mampu menampilkan gambar secara cemerlang, baik ketika digunakan untuk memainkan game, atau menyaksikan film beresolusi 1920 X 180p. Dengan dukungan multitouch yang diusungnya, mampu mengenali 10 sentuhan sekaligus.

Jika menilik spesifikasinya performa ponsel ini sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Prosesor dual-core 1GHz ARM Cortex-A9, GPU SGX540, dan memori 512MB yang dikonfigurasikan dalam modus dual channel. Nah, inilah yang diklaim LG mampu meningkatkan bandwith antara prosesor dengan memory, sehingga proses data bisa lebih cepat.

Tapi sayang, masih mengunakan Android Froyo. Ketika melakukan pengujian dengan aplikasi benchmarking Quadrant, ponsel ini mampu menorehkan angka sebesar 2719. Sedangkan pada aplikasi Antutu Benchmark diperoleh nilai 5195. Sayangnya, performa tersebut harus ditebus dengan daya tahan baterai yang singkat. LG Optimus 3D menggunakan baterai berkapasitas 1500 mAH, yang hanya sanggup bertahan tak lebih dari 10 jam untuk online tanpa henti dalam jaringan 3G.

Tidak hanya itu, kemampuan yang mengagumkan dalam Optimus 3D, ada menu 3D Space yang berisikan beragam konten 3D. Misalnya, 3D games, 3D Galery, 3D Camera, dan shortcut langsung menuju channel 3D di YouTube. Cukup lengkap dan sangat beragam. Menyaksikan tangan 3D dalam ponsel ini berbeda dengan apa yang biasa dijumpai pada bioskop atau televisi 3D. Gambar yang ditampilakn cenderung bertumpuk ke dalam, tidak menonjol keluar seperti pada umumnya. Demikian pun secara keseluruhan tampilannya layak diacungkan jempol, baik untuk video, foto bahkan game. Tapi perlu diperhatikan. Memainkan game dalam modus 3D di ponsel ini akan membuat mata cepat lelah, maka disarankan untuk tidak berlama-lama.

Tak puas dengan konten yang ada, pengguna pun bisa membuat sendiri konten 3D melalui ponsel ini. Untuk menjepret foto misalnya, ponsel ini memungkinkan menangkap gambar dalam modus 2D dan 3D. Hal ini bisa dilakukan lantaran LG Optimus 3D menggunakan dual lensa di bagian belakangnya. Merekam video 3D pun bisa dilakukan, hanya saja terbatas pada resolusi 720p (1080p untuk 2D).

Harga LG Optimus 3D P920 adalah 5.499.000 rupiah, merupakan salah satu ponsel baru yang ditawarkan oleh Global Teleshop dalam pameran yang berlangsung dari akhir September 2011 ini hingga awal bulan Oktober 2011. Ponsel ini juga menggunakan OS Android Froyo yang bisa upgradable ke Gingerbread, layar 4.3 inch 3D LCD capacitive touchscreen resolusi 480 x 800 pixels. Dual kamera 5 MP, autofocus, LED flash, memory internal 8 GB storage, 512 MB RAM, slot microSD, koneksi HSDPA, Wi-Fi, Bluetooth.

Kelebihan LG Optimus 3D P920:
+ konten 3D yang beragam
+ Performa tinggi
+ layar cemerlang

Kekurangan LG Optimus 3D P920:
– 3D games bikin mata cepat lelah
– Masih Froyo
– Berat
– Tak ada lampu notifikasi

Spesifikasi LG P920 Optimus 3D:
Prosesor: Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9
GPU: PowerVR SGX540
Sistem operasi: Android 2.2
Memori: ROM 8GB RAM 512
Kamera: Dual 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash, Stereoscopic Foto & Video
Layar: 4,3 inchi, 480 x 800 pixel capacitive touchscreen
Konektifitas: HSDPA, Wifi, Blutooth 3.0, GPS

(Naskah: Rama Gumilang/ Foto: ist/ Sumber: www.detik.com)