Tahu Gejrot, Pedasnya Bikin Mata Melotot

Siapa bilang tahu goreng tak bisa dikreasikan? Banyak jenis makanan yang bisa dibuat dari bahan dasar tahu. Seperti Tahu Gejrot, makanan khas Cirebon.

Sajian satu ini terbilang sederhana. Tahu hanya digoreng biasa, lalu di siramkan saos yang mirip bumbu rujak diatasnya. Saos itu merupakan hasil sinergi dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih yang dihaluskan menjadi satu. Perpaduan tersbut menghasilkan rasa asam dan pedas.

Tambahan air asam serta air gula membuat rasa tahu gejrot menjadi lebih segar. Kolaborasi bumbu dan tahu tersebut mampu ‘meng-gejrot-kan’ lidah anda. Sangat pas jika dinikmati saat hawa udara sedang panas.

Untuk anda yang berada di Surabaya, tak peru khawatir jika ingin menikmati kuliner khas Cirebon ini. Jika sedang melintasi jalan Joyoboyo, sebelum SHS (Surabaya Hotel School), anda akan menemukan  lapak Bu Duryani yang menyediakan Tahu Gejrot. Dengan rombong seadanya Duryani menjual tahu gejrot dari pukul delapan pagi hingga sebelas malam.

“Awalnya ia hanya berjualan baju keliling saja, namun ketika kakak saya yang berada di Jakarta sukses berjualan tahu gejrot keiling, saya pun tak ragu mengikuti jejaknya di sini (Surabaya, Red),” katanya.

Untuk menikmati seporsi Tahu Gejrot ini, anda tak perlu membuka dompet terlalu lebar. Karena dengan 5000 rupiah, selera makan dan rasa penasaran anda akan kudapan satu ini sudah pasti bakal terpuaskan.

(Naskah: Reynita Carlina, Adi Santoso / Foto: ist)