Surabaya Nihon Matsuri Suguhkan Kombinasi Budaya Indonesia dan Jepang

actasurya.com – Surabaya Nihon Matsuri (SNM) merupakan acara yang mengkolaborasikan antara budaya Jepang dan Indonesia. Acara yang dihelat pada Minggu, 7 Februari ini dikemas dalam sebuah festival kebudayaan yang terdiri dari atas pertunjukan Cosplay, Bazar dan Workshop.

Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya bekerjasama dengan Clash Cosplay dan Persada Jatim dalam menyelenggarkan festival ini. Tak ketinggalan, event yang diadakan di Surabaya Town Square (Sutos) ini juga didukung oleh Mitra Bestari, peminat atau pecinta kebudayaan Jepang.

Tahun ini adalah tahun kedua  SNM diselenggarakan, yang mana sebelumnya digelar di Surabaya pada 2015 lalu. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan persahabatan antar kedua negara tersebut. “Oleh karena itu besar harapan kami acara ini dapat diselenggarakan secara rutin di kota Surabaya,” ungkap Sherman Salim, ketua panitia SNM 2016.

Festival yang dihadiri oleh 3000-an pengunjung ini dimulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Acara ini juga diramaikan dengan penampilan Taiko (seni drum Jepang), pagelaran Fashion Show dari Yukata Batik, Demonstrasi Judo, Cosplay Competition, juga ada kolaborasi antara Taiko, gamelan khas Jawa Timur, dan Gitar Cello.

“Acara ini sangat menarik sekali, karena memperkenalkan perpaduan budaya Jepang dengan Indonesia. Di dalamnya juga meyuguhkan gamelan khas Jawa dan kolaborasi tarian-tarian khas baik dari Jepang maupun Indonesia,” tutur Lea Akira, salah satu pengunjung SNM. (N/F: Wisnu)