Stikosa Pamerkan Benda Komunikasi Kuno

Suasana berbeda tampak di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi –Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS). Jika hari-hari sebelumnya suasana kampus komunikasi tertua se-Indonesia timur ini memanas karena konflik mahasiswa dengan yayasan, Senin (7/11), For Pro AWS bekerjasama dengan mahasiswa menggelar pameran Ben Si Dul (Benda Komunikasi Jadul).

Pameran ini menampilkan barang-barang komunikasi kuno. Seperti keliping Koran Soerabaja Post terbitan tahun 1953, kamera format besar merek Crown Graphic tahun 1950-an yang biasa digunakan pewarta foto kala itu, dan pigora-pigora yang memajang cover majalah tempo dulu. Ada pula kertas pemberitahuan pemilu Dewan Perwakilan Rakyat Surabaya (DPRS) pada 1948.

“Pameran ini merupakan wujud kritik sosial untuk para pengguna alat komunikasi modern yang hanya mengandalkan kecanggihan demi kebutuhan instan. Padahal, yang cepat belum tentu baik kualitasnya,” kata Ali Sutomo, Ketua Pelaksana Pameran.

Setidaknya terdapat lebih dari 30 benda komunikasi kuno yang dipajang dalam acara tersebut. Acara ini di helat dalam rangka memeringati hari jadi Stikosa-AWS yang ke-47. Pengunjung dapat menikmati benda-benda tersebut hingga Sabtu (12/11). Sebelumnya, juga telah diselenggarakan pelatihan jurnalistik untuk siswa-siswi SMA se-Surabaya. (naskah dan foto : subagus indra)

No Comments