Stikosa-AWS Datangkan Diplomat AS

Actasurya.com-Dalam rangka Dies Natalies ke 48, Stikosa-AWS disambangi tokoh Diplomat AS (Amerika Serikat), Andrew M. Viveiros yang sedang bertugas di Surabaya berkesempatan datang untuk mengisi acara seminar internasional.

Seminar yang bertajuk ‘Peran Media dalam Pemilihan Presiden’, yang membahas studi kasus pemilihan presiden di Amerika Serikat dengan pemilihan presiden di Indonesia. Selain Andrew, seminar ini juga menghadirkan Sirikit Syah sebagai pembicara, yang tak lain penggagas acara tersebut.

 “Seminar ini gagasan saya. Sebagai dosen mata kuliah Komunikasi Internasional, saya ingin mahasiswa juga tahu tentang komunikasi internasional secara langsung dari Mr. Andrew yang merupakan diplomat dari Amerika Serikat,” jelas Sirikit Syah ketika ditemui reporter Acta Surya.

Sirikit juga menambahkan alasan digagasnya seminar internasional tersebut, karena bertepatan dengan pemilihan presiden di Amerika. “Agar mahasiswa juga mengetahui peranan media di sana dalam pemilihan presiden,” terang dosen yang juga mengajar mata kuliah Bahasa Inggris ini.

Acara yang berlangsung Kamis, (8/11) menarik minat para mahasiswa Stikosa-AWS yang menjadi peserta seminar. Itu dapat dilihat dari sesi tanya jawab yang diajukan para peserta. “Saya senang dengan antusias mahasiswa, apalagi mereka bertanya dalam Bahasa Inggris. Mereka berani mempraktikkan langsung Bahasa Inggris mereka,” ujar Sirikit Syah.

Acara tersebut mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Stikosa-AWS, yakni dari segi relasi. Hal ini diakui langsung oleh Sirikit Syah. “Untuk Stikosa-AWS selain menambah relasi, agar orang luar juga tahu bahwa Stikosa-AWS dapat mendatangkan pembicara dari luar negeri,”

Keuntungan juga dirasakan para peserta. “Acara ini sangat menarik. Pemateri yang kompeten di bidangnya, yakni Mr. Andrew selaku public officer affairAS di Surabaya. Dan materi acara yang relevan dengan berita terhangat saat ini, pemilihan presiden Amerika Serikat.” komentar Tika, salah satu peserta. (N/F: Vara/Gigi)