Smamda Gelar Diklat Gabungan Ekstra Kurikuler

SMA 2 Muhammadiyah Surabaya baru saja menyelenggarakan diklat gabungan ekstra kurikuler (Dikstar) 2009. Acara yang diselenggarakan 6 – 8 November tersebut digelar di wana wisata Coban Rondo. Didukung 13 ekstra kurikuler (ekskul), acara yang menggunakan konsep outdoor activity tersebut diikuti seluruh siswa dari kelas X sebagai peserta.Ekskul yang ikut meramaikan acara tersebut diantaranya, sepak bola, basket, soft ball, bulu tangkis, fotografi, cinematografi, jurnalistik, presenter, teater, paduan suara, nasyid, paskibraka dan pecinta alam.
Peserta bebas memilih satu ekskul yang mereka minati. Masalah tekhnis menejemen diklat diserahkan kepada masing-masing ekskul yang terlibat. Panitia berasal dari kelas XI dan XII disertai pendamping dan guru pembimbing.
Acara yang menggunakan fasilitas enam tenda barak ini selain bertujuan untuk menarik murid dalam kegiatan ekstra sekolah, juga mengajak siswa-siswinya ikut merasakan sama seperti para korban bencana alam yang menghabiskan harinya di tenda pengungsian. “Dengan begini kita jadi tahu bagaimana rasanya hidup di tenda. Khususnya anak-anak yang biasanya bermalas-malasan dengan berbagai fasilitas yang ada di rumah, jadi tidak lagi disini,” Jelas Supriyadi selaku ketua pelaksana Dikstar 2009
Supriyadi menambahkan acara ini berguna untuk siswa-siswi smamda sebagai penyalur hobi mereka. “Yang terpenting siswa-siswi bisa mengatur porsi waktu untuk belajar dan berkegiatan di ekskul agar jadi seimbang,” Ujarnya.
“Acara ini sangat seru, kita dapat banyak hal disini, dari materi sampai games-games yang nggak bikin bosen,” tutur Rina, salah satu peserta diklat ekskul pecinta alam.
“Semoga tahun depan kita dapat melaksanakan acara seperti ini kembali, tentunya dengan beberapa catatan sebagai acuan untuk menjadi lebih baik,” ujar Supriyadi saat upacara penutupan. (T: Subagus Indra)