Siap Membantu Meski Jadwal Kerja Padat

Keterbukaanya membuat Ia dekat dengan mahasiswa. Gaya bicaranya ceplos -ceplos penuh guyon. Itulah sosok Suharianyanto, dosen mata kuliah seminar dan kuliah kerja lapangan. Selain dosen, Ia juga merupakan Pegawai Negeri di Departemen Penerangan menjabat Kepala bagian administrasi perekonomian kota Pasuruan. Sudah 25 tahun ia bekerja sebagai dosen dan pegawai negeri.

Sebelumnya, ia pernah dipercaya sebagai Asdos di Stikosa-Aws oleh DRS. R. AMAK SYARIFFUDIN, mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik, ketika masih semester satu. Setelah satu setengah tahun baru ditetapkan menjadi dosen. Dari sini awal karirnya di dunia pendidikan. Ia mulai dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Jurusan, Kepala Jurusan, Pembantu ketua Tiga dan belum lama ini menjadi pembimbing skripsi oleh pihak kampus.

Karirnya semakin meningkat di departemen penerangan. Dimulai dari menjadi Kepala sub seksi Pembina kehumasan daerah, Kepala seksi pembinaan penerangan masyarakat, Kepala sub dinas media informasi, Kepala dinas infokom(PLT), Sekretaris Badang pengawas PDAM Kota Pasuruan, Divisi Litban Dewan kesenian kota Pasuruan, dan sekarang menjadi Kepala bagaian administrasi perekonomian kota Pasuruan. Selain itu ia juga Pengelola Tabloit PASURUAN BANGKIT hingga sekarang.

Dibalik jadwal kerja yang super padat itu, ayah satu anak ini masih menyempatkan diri membantu mahasiswa yang mau menyelesaikan studi program sarjana ilmu komunikasi dalam pembuatan proposal skripsi. Kegiatan membantu berawal ketika banyak mahasiswa yang mengeluh tidak tahu bagaimana membuat proposal. “Kesulitan bukan pada dosen pembimbing tapi pada pembuatan proposal, Itu perluh dipikirkan! Yang diperlukan mahasiswa bukan persoalan skripsi tapi awal pembuatan proposal yang paling sulit. Pernah ada mahasiswa yang datang pada saya –waktu itu saya masih jadi pembimbing skripsi. Ia belum punya judul untuk skripsi. Biasanya ketika menghadap dosen pembimbing, mahasiswa membawa proposal skripsinya, tetapi ini tidak. Ini yang membuat saya mundur jadi pembimbing skripsi dan punya inisiatif untuk lebih membantu mahasiswa membuat proposal. Kalau sudah bisa membuat proposal, pasti mudah membuat skripsi. Lagian dosen pembimbing sekarang lumanyan banyak 20 lebih sudah cukup. Yang tidak ada sama sekali adalah yang membantu mahasiswa. ” Tutur yanto.

Pria yang merupakan alumni Stikosa-Aws itu juga punya pengalaman di bidang media. Pertama, Bergabung dengan POS KOTA sebagai Sirkulasi merupakan karir awalnya. Selama empat setengah tahun. Kedua, Mengelola majalah dengan pak Ahmad milik Kopertis majalah FOKUS sebagai koordinator liputan selama dua sampai tiga tahun. ketiga, Pengelola Tabloit di Pasuruan PASURUAN BANGKIT hingga sekarang. Keempat, Konsultan tabloid suara Pasuruan. kelima, Bekerja sebagai Reporter di Tablod TRAVEL NEWS yang merupakan Tabloid milik Aws “waktu itu di Aws ada jurusan Pariwisata. Kami mengangkat rubrik mengenai pariwisata, perhotelan, usaha wisata dan yang lainnya yang ada hubunganya dengan pariwisata”. Kenangya.


Biodata

Nama : Suhariyanto
Ttl : Surabaya, 28-12-1958
Isteri : Evie Ekatrian
Anak : 1 (Audi Aprilyan Putri)
Status : Dosen
Hobby : Olahraga
Cita-cita : kewiraswastaan

Pendidikan formal

D3 : AWS
S1 : Stikosa-Aws

Pengalaman di Stikosa-Aws
1. Sekretaris Jurusan (sekjur) di Stikosa-Aws
2. Kepala jurusan (kajur) di Stikosa-Aws
3. Pembantu ketua tiga di Stikosa-Aws

Pengalaman kerja di departemen Penerangan

1. Kepalah sub seksi Pembina kehumasan daerah
2. Kepalah seksi pembinaan penerangan masyarakat
3. Kepalah sub dinas media informasi, Kepalah dinas infokom(PLT)
4. Sekretaris Badang pengawas PDAM Kota Pasuruan
5. Divisi Litban dewan kesenian kota Pasuruan
6. Pengelolah Tabloid di Pasuruan PASURUAN BANGKIT
7. Konsultan tabloid suara Pasuruan dan sekarang menjadi )
8. Kepala bagaian administrasi perekonomian kota Pasuruan

Pendidikan non formal

1. Diklat kehumasan departemen penerangan RRI di jogja. Juara pertama Indonesia bagian Timur
2. Diklat penelitan fisip Unair Diklat kepemimpinan 2002
3. Diklat kepemimpinan

2 thoughts on “Siap Membantu Meski Jadwal Kerja Padat